Program Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana Kabupaten Badung (3)

Program Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana Kabupaten Badung (PPNSB) Kabupaten Badung, pada hari Selasa tanggal 13 Desember 2016 resmi diluncurkan. Peluncuran program PPNSB tersebut dihadiri oleh Ibu Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-5 Republik Indonesia. Acara tersebut dilaksanakan di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung “Mangupraja Mandala”. Pada acara ini Ibu Megawati Soekarnoputri juga meluncurkan implementasi Program PPNSB tersebut dengan ditandai dengan menekan tombol sirine.

mega

Pada acara tersebut Ibu Megawati Soekarnoputri didampingi anggora Komisi X DPR RI I Wayan Koster, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Sekda Kabupaten Badung Kompyang R. Swandika dan Ketua DPRD Kabupaten Badung Putu Parwata. Juga turut hadir dalam acara tersebut adalah Wakil DPRD Kabupaten Badung Sunarta beserta anggota DPRD Kabupaten Badung, Penglingsir Puri Ageng Mengwi A. A. Gde Agung, Ketua TP PKK Kabupaten Badung Seniasih Giri Prasta, Wakil Ketua TP PKK Badung Kristiani Suiasa, Ketua DPW Badung Nyonya Kompyang Swandika, para Kepala SKPD dan sejumlah undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Badung menyampaikan terima kasih atas kehadiran Ibu Megawati Soekarnoputri di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung. Dikatakannya, Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai penyemangat dan inspirasi bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Badung dalam meneruskan perjuangan para pendiri bangsa. “Ini untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan UUD 1945 dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” terangnya.

Lebih lanjut Bupati Badung menyebutkan peluncuran program PPNSB Kabupaten Badung ini merupakan wujud akuntabilitas, implementasi visi dan misi, serta pemenuhan janji politik kepada seluruh masyarakat Kabuapaten Badung saat kampanye pilkada Badung lalu. “Sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, seluruh kebijakan dan rencana program pembangunan daerah yang merupakan implementasi dari visi dan misi kami, telah dijabarkan dalam Perda Nomor 13 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana Kabupaten Badung Tahun 2016-2021,” tegasnya.

Menurut Bupati Badung, berkat dukungan berbagai pihak, dalam kurun waktu 10 bulan sejak Giri Prasta dan Suiasa dilantik selaku Bupati dan Wakil Bupati Badung, sejumlah program pro rakyat telah berhasil dilaksanakan. Seluruh program tersebut berorientasi pada kemajuan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat dalam upaya mewujudkan Kabupaten Badung yang Shanti dan Jagadhita. “Untuk mendukung berbagai program/kegiatan pembangunan daerah tersebut, kami juga mencanangkan Kabupaten Badung Darurat Berbenah di berbagai bidang agar Kabupaten Badung dapat menjadi daerah yang terdepan dan selalu memimpin perubahan,” tambahnya.

Bupati Badung juga mengatakan Pembangunan Semesta Berencana merupakan konsep pemikiran pembangunan yang pernah diimplementasikan Presiden I RI Soekarno. Menurutnya, konsep tersebut masih bisa diaktualisasikan kembali masa kini, karena landasan ideologis, filosofis dan sosiologisnya masih sangat relevan untuk menjawab berbagai tantangan pembangunan di masa kini dan masa depan. “Atas dasar tersebut kami perkenalkan kepada masyarakat Kabupaten Badung implementasi PPNSB Kabupaten Badung yang mencakup bidang pangan, sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, adat, agama dan budaya, jaminan sosial dan ketenagakerjaan serta pariwisata, dalam upaya mewujudkan ajaran Tri Sakti Bung Karno,” tandasnya.

 

Megawati Soekarnoputri Dukung Program Badung

Dalam sambutannya, Presiden ke-5 Republik Indonesia, Ibu Megawati Soekarnoputri menyatakan bahwa sangat mendukung  implementasi Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) di Kabupaten Badung. “Ini sifatnya positif dan membantu rakyat. Saya sangat mendukung karena hal ini sangat baik,” kata beliau seusai acara peluncuran implementasi PPNSB Kabupaten Badung.

Putri Proklamator, Soekarno, mengatakan apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Badung merupakan bagian dari ajaran Tri Sakti Bung Karno. Tri Sakti itu yakni berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi, berkepribadian dalam bidang budaya.

Terkait pemberian berbagai bantuan salah satunya pembagian laptop kepada ribuan siswa kelas VI SD di Kabupaten Badung, menurut beliau sangat tepat. Dikatakannya, di era serba teknologi seperti sekarang, penggunaan laptop bisa menunjang proses belajar siswa. Karenanya Megawati menyatakan mengapresiasi program ini untuk mencerdaskan anak bangsa, khususnya anak-anak di Kabupaten Badung. Menurutnya, laptop adalah sarana untuk menggali dan menambah ilmu pengetahuan. Sebab sumber ilmu pengetahuan tidak hanya diperoleh dari seorang guru saja.

“Akan tetapi, dengan adanya laptop, bukan berarti kehadiran guru tidak diperlukan lagi. Kehadiran guru masih mutlak diperlukan, karena melalui gurulah para siswa belajar budaya, sopan santun dan disiplin. Laptop tidak bisa memberikan itu. Tapi ilmu pengetahuan tambahan bisa datang dari berbagai sumber, salah satunya media laptop,” tegas Megawati.

Lanjut beliau, sebagai wujud implementasi PPNSB, sinergi dan saling mengisi untuk ketersediaan antara kabupaten juga sangat dibutuhkan. Untuk itu, Megawati pun memberikan apresiasi terhadap kerjasama Kabupaten Badung dengan kabupaten lainnya di Bali. Misalnya dari ketersediaan pangan. ” Kalau Kabupaten Badung misalnya defisit beras, maka bisa disuplai dari kabupaten penghasil beras terbesar seperti Tabanan dan Buleleng. Ini yang merupakan bagian dari PPNSB itu,” tegas beliau.

 

Bantuan Hibah Sasar Siswa Hingga Petani

Perhatian besar Pemerintah Kabupaten Badung terhadap krama (masyarakat) Badung tidak perlu diragukan lagi. Program-program yang diluncurkan duet Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati Ketut Suiasa, didukung DPRD Kabupaten Badung, sejauh ini dikenal pro rakyat. Berbagai kemudahan diberikan kepada krama Badung. Terlebih dari sisi anggaran, Badung yang dikenal sebagai kabupaten terkaya di Bali, mampu memberikan apa saja untuk kesejahteraan masyarakatnya. Seperti implementasi Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) Kabupaten Badung, berbagai bantuan diserahkan dengan menyasar kalangan siswa hingga petani.

mega (3).jpg

Bantuan hibah yang diserahkan meliputi penyerahan alat-alat mekanisma pertanian kepada para petani berupa 12 unit hand tractor (traktor tangan), 30 unit pompa air, 20 unit rice transplanter, dan 10 unit power thresser, alat penunjang kerja para penyuluh pertanian berupa 45 unit laptop beserta modem dan 45 unit soiltester, 100 ekor sapi kepada 21 kelompok ternak sapi, dan pemberian hibah barang berupa 30 unit alat tenun kepada kelompok pengerajin.

Di bidang kesehatan, diserahkan 62 unit ambulan desa yang didukung oleh 372 tenaga ambulan, pengoperasian 125 fasilitas kesehatan tingkat pertama yang melayani program Krama Badung Sehat (KBS) bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, pemberian Kartu Krama Badung Sehat (KBS) kepada 464.622 penduduk Badung. Dilakukan pula penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemkab Badung dengan BPJS Kesehatan Cabang Denpasar tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) melalui KBS. Selain itu diresmikan pengoperasian satu mobil layanan kesehatan perempuan (deteksi kanker payudara dan kanker serviks) dan pengangkatan 609 tenaga jumantik.

kanker.jpg

Untuk bidang pendidikan, diserahkan laptop kepada 8.636 siswa kelas VI SD Negeri se-Badung dan laptop kepada 314 guru kelas VI SD.

laptop3.jpg

Ada pula penyerahan 10 unit dump truck kepada 10 desa adat dan dua mobil pick up dump kepada dua desa adat, 122 unit mobil patroli kepada pecalang desa adat, serta sertifikat lulus uji kompetensi kepada 800 tenaga kerja di sektor pariwisata.

pecalang.jpg

Advertisements

2 thoughts on “Program Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana Kabupaten Badung (3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s