Pura Segara Penimbangan – 2

Letak Pura

Lokasi Pura Penimbangan terletak di wilayah Desa Panji Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tepatnya di tepi pantai sebelah barat Kota Singaraja. Pura yang sering disebut dengan Pura Segara Penimbangan ini dipercaya oleh pengemponnya sebagai pura penyeimbang gumi Bali sesuai dengan namanya. Dari segi lokasi, pura ini memang berada di tengah antara Buleleng bagian barat dan Buleleng bagian timur. Sesuai dengan namanya, Penimbangan, pura ini seperti sebuah titik untuk menyeimbangkan barat dan timur agar bumi jadi harmonis dan damai. Di sebelah barat Pura Penimbangan saat ini dibangun sarana wisata keluarga dan menjadi tempat santai favorit di Singaraja. Banyak keluarga terutama di hari minggu dan libur menyempatkan diri mengunjungi tempat ini untuk santai dan berolahraga.

Pura Segara Penimbangan2

Struktur Pura Segara Penimbangan

Jero Mangku Segara menjelaskan, Pura Penimbangan terdapat sejumlah pelinggih berupa meru dan padma. Di sebelah timur terdapat tujuh buah pelinggih dan di sebelah selatan dibangun sembilan buah pelinggih. Sementara di jabaan terdapat tiga buah pelinggih. Pelinggih di sisi timur merupakan pelinggih Ida Bhatara Ngurah Nyarikan, Dewa Bestala, Ngurah Pasek, Kebayan, Dewa Ngurah Agung Segara, Ulun Danu dan Surya. Sementara, pelinggih di selatan merupakan Ida Bhatara Ayu Mas Taman, Ngurah Bukit, Dewa Ngurah Segara, Majapahit, Wahyu Mas Penganten, Dewa Ayu Manik Galih dan Dewa Taksu.

Sementara di luar penyengker pura tepatnya di ujung selatan terdapat pelinggih Ida Bhatara Ratu Sapu Jagat. Satu ciri khas pelinggih ini arsitekturnya bercampur antara Cina dan Hindu.

Areal Pura Penimbangan luasnya diperkirakan 75 are. Untuk jeroaan ukurannya diperkirakan 30 x 20 meter persegi. Sementara di sebelah utara penyengker pura sudah berbatasan dengan laut dan bahkan ketiga ombak pasang, penyengker pura ini terendam air laut. Namun syukur sudah ada pencegahan abrasi dengan pemasangan deker-deker beton untuk memecah ombak.

Hari Suci pura Segara Penimbangan

Odalan di Pura Penimbangan akan berlangsung pada Purnama Kapat. Krama Adat Desa Panji yang menjadi pengempon pura itu sudah bersiap untuk menyelenggarakan upacara yang bukan hanya dihadiri krama di Panji, namun juga sejumlah krama dari seluruh Buleleng. Odalan akan digelar selama tiga hari berturut-turut.

Daya Tarik Pura Segara Penimbangan

Pura Segara Penimbangan berada di tepi Pantai Penimbangan yang berlokasi di sekitaran Bali Utara, yaitu Kabupaten Buleleng Bali. Di jalan menuju Pura Penimbangan ini terdapat deretan pedagang kaki lima di sepanjang bibir pantai yang biasanya menjadi tempat berkumpulnya muda-mudi, keluarga serta wisatawan lokal maupun asing, terutama di sore hari hingga malam hari.

Terdapat pula beberapa Rumah Makan dan resto di sepanjang jalan menuju Pantai Penimbangan. Di sekitaran Pantai Pura Penimbangan ini juga sering kali dapat ditemui para pemancing baik itu pemancing serius (nelayan), atau pemancing yang memancing hanya untuk mengisi waktu luang saja.

Pemandangan di pantai ini indah, apalagi di saat sunset karena Pantai Penimbangan ini memiliki posisi berhadapan dengan matahari di saat tenggelam. Di beberapa kesempatan, pengunjung juga dapat melihat ritual keagamaan yang diadakan di Pura Penimbangan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s