Bosan dan Jenuh ??

Saya sebagai seorang pegawai sering sekali merasa bosa di tempat kerja atau bosan dengan rutinitas yang menjemukan. Kebosanan adalah keadaan alami yang pernah dialami setiap orang. Rasa bosan biasanya bersifat sementara, namun apabila dibiarkan berlarut-larut dapat mengakibatkan sejumlah masalah serius.

Bosan

Dalam keadaan bosan dan jenuh kita sulit bergembira, sulit berkonsentrasi, minim antusiasme, singkatnya tidak energik. Itu sebabnya rasa bosan harus segera diatasi sebelum berlarut-larut menjadi jenuh.

Pada taraf terburuk, kebosanan dapat membahayakan hidup, misalnya membuat orang mencoba tindakan berisiko yang pada awalnya dikira dapat mengusir kebosanan, seperti mabuk, berjudi, dan mengkonsumsi narkoba yang akhirnya membuat mereka kecanduan.  Rasa bosan juga dapat membuat orang meninggalkan aktivitasnya atau mengabaikan tanggungjawab pribadi, misalnya drop out dari sekolah atau kuliah, meninggalkan pekerjaan, bahkan bercerai. Sementara kejenuhan dapat menimbulkan depresi dan keinginan untuk bunuh diri.

Berikut ini beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk mengusir kebosanan atau kejenuhan. Hal ini tidak hanya sekedar mengusir kebosanan Anda, namun juga memberi Anda manfaat yang selanjutnya membangun potensi dan kebahagiaan Anda.

Bangun kebiasaan membaca

Membaca merupakan kebiasaan yang baik dan ini dapat mengusir kebosanaan. Masih ingat kan dengan ungkapan “buku adalah jendela dunia?” Sekarang, disamping buku –  jendela dunia itu semakin terbuka lebar di era digital ini. Kita dapat memperoleh ragam informasi dari rimba internet. Lalu, bagaimana jika Anda orang yang agak apatis membaca? Ah, sepertinya itu bisa diatasi. Anda hanya perlu mengingat minat Anda, lalu cari informasi tentang bidang apa yang Anda minati. Membaca menjadi satu-satunya cara memperluas wilayah privasi Anda yang tidak dapat diinvasi oleh siapa pun.

Seperti yang saya lakukan pada saat ini, membaca kemudian ditulis kembali ke dalam tulisan yang dituangkan ke dalam blog pribadi saya, setidaknya dapat mengurangi rasa bosan pada saat bekerja dan menjalani rutinitas. Kebiasaan ini terutama saya lakukan pada jam-jam lembur atau pada saat hari libur. Kadang berkutat dengan angka dan data sedikit banyak akan menguras pikiran, dan dengan membaca dapat meringankan beban yang ada. Apalagi membaca yang merupakan hobi dan kesukaan kita.

Kembangkan hobi Anda

Bila Anda punya hobi lain, itu bagus untuk dikembangkan. Melakukan hobi biasanya menyenangkan diri sendiri, disamping hobi juga berpotensi menjadi bisnis. Misalnya hobi fotografi. Koleksi foto Anda dapat Anda pajang di sebuah Toko Online atau di media sosial. Anda mungkin berpikir – siapa yang tertarik? Anda tidak perlu berpikir begitu, ada miliyaran orang di dunia seperti saya dan Anda mencari  sesuatu di internet. Just do it, ada kemungkinan duit akan datang.

Bergabung di suatu komunitas

Anda mungkin pernah menjadi bagian dari satu atau beberapa komunitas. Bila Anda berpikir ide ini sudah pernah saya lakukan, tetapi kejenuhan tetap ada.  Jika demikian, tanyakan pada diri Anda, komunitas semacam apa yang memberi manfaat positif dan membuat anda enjoy.

Menjadi bagian dari suatu komunitas dapat menunjang perkembangan profesi atau keahlian Anda.  Bergabung dalam satu komunitas tidak hanya dapat dilakukan secara fisik, seperti bergabung di suatu organisasi konvensional. Bergabung dalam sebuah forum di internet merupakan cara efektif, karena dapat berbagai informasi dengan tidak harus bertatap muka.  Kuncinya, carilah!

Pikullah tanggungjawab Anda

Hidup tidak selalu melakukan hal yang tepat, kita pernah melakukan kesalahan. Bila Anda berkecil hati karena merasa gagal – jangan menyerah, lakukan lebih baik! Jika Anda merasa kecil hati karena kurang dihargai atas upaya Anda, ingatlah bahwa ada hari esok. Anda punya pilihan meneruskan atau mencoba yang lain.

Cari teman atau jangan menutup diri

Kebosanan sering dipicu oleh kegiatan rutin yang monoton. Hampir tidak ada kegiatan yang tidak membosankan, kecuali kita melakukan dengan porsi yang dapat kita tanggung. Bila Anda bosan atau jenuh dengan pekerjaan, Anda perlu menyelidiki penyebabnya. Mungkin Anda perlu sedikit kelonggaran, gunakan waktu bersama keluarga atau teman. Atau lakukan apa yang membuat Anda senang.

Pilih hiburan yang cocok

Sudah menjadi kebiasaan banyak orang, setelah lepas dari aktivitas seharian, secara sengaja atau tidak sengaja kita nongkrong di depan televisi.  Bila tidak selektif,  informasi di televisi dapat membuat pikiran Anda makin ruwet. Ada ungkapan bahwa bad news is good news. Media hampir tidak pernah peduli bagaimana tayangan tersebut mempengaruhi psikologis Anda, mereka hanya peduli apakah Anda mendengar, alias jangan kemana-mana setelah yang satu ini! Usirlah kebosanan Anda dengan menikmati hiburan atau media yang cocok dan membuat Anda lebih baik.

Demikian beberapa hal yang mungkin dapat membantu Anda mengatasi kebosanan atau kejenuhan.

Sumber : http://www.tipsmu-tipsku.com/2013/03/bosan-dan-jenuh-bagaimana-mengatasinya.html
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s