Hari Kasih Sayang

Hari ini, tepat pada tanggal 14 Pebruari adalah tanggal yang lekat dengan kehidupan muda-mudi kita. Hari yang sering/lazim disebut dengan Valentine Day ini konon adalah momen berbagi, mencurahkan segenap kasih sayang kepada “pasangan“-nya masing-masing. Pengungkapan rasa kasih sayang tersebut dilakukan dengan berbagai cara, yang salah satunya adalah memberikan hadiah kepada pasangannya, seperti coklat, permen, bunga mawar ataupun hadiah yang diharapkan berkesan untuk diberikan kepada pasangannya.

gambar valentine

Pada jaman sekarang ini tidak hanya muda-mudi yang merayakan Hari Kasih Sayang, namun juga telah meluas kepada yang sudah bersuami-istri, bahkan anak-anak mulai PAUD sampai SD merayakan hari yang istimewa ini. Tentunya perayaan Hari Kasih Sayang oleh anak-anak ini dirayakan hanya sebagai hari bertukar kado saja, yang isinya paling banyak adalah coklat.

Sejarah Hari Valentine

Ada banyak versi sejarah tentang Hari Valentine yang mengemuka. Namun semuanya tidak lepas dari sosok St. Valentine. Siapa St. Valentine ini ?

Ketika kejayaan Kerajaan Romawi sedang berada dalam ancaman bahaya akibat kemerosotan pasukannya dan pemberontakan yang terjadi di mana-mana. Untuk mempertahankan kerajaannya, Caludius II mencari kaum laki-laki Romawi yang dianggap masih bisa berperang. Sang Kaisar berpikir pasukan yang memiliki cinta atau menikah akan melemahkan mental dari pasukannya, sehingga sang Kaisar melarang laki-laki menikah.

Valentine sang biaramuda tidak setuju dengan kebijakan tersebut, sehingga ia memberontak dengan mengadakan pernikahan diam-diam terhadap para pemuda. Namun hal ini diketahui oleh sang kaisar, sehingga ia ditangkap dan dipenjara.

Di dalam penjara, dia berteman dengan petugas sel yang bernama Asterius. Asterius memiliki seorang putri yang buta bawaan dari kecil. Namanya Julia. Dan Valentine berupaya untuk menyembuhkan Julia.

Beberapa hari kemudian, Julia masih belum mengalami kesembuhan. Hingga tiba saat hukuman mari untuk Valentine. Valentine tidak sempat mengucapkan perpisahan kepada Julia. Namun ia menulis ucapan dengan pesan untuk semakin dekat kepada Tuhan. Tak lupa ditambahkan kata-kata “Dengan Cinta dari Valentine-mu”.

Akhirnya Valentine dihukum mati dan dimakamkan di Gereja Praksedes Roma. Dia meninggal/dihukum mati tepat pada tanggal 14 Pebruari 269 M.

Keesokan harinya, Julia menerima surat tersebut dan untuk pertama kalinya ia dapat melihat cahaya dunia. Rentetan huruf yang dia lihat pertama kali ternyata merupakan perpisahan dari Valentine. Kisah tersebutlah yang paling banyak dijadikan rujukan awal mulanya perayaa Valentine.

Ucapan Hari Valentine

“Bagiku, setiap hari yang aku lalui bersamamu adalah Valentine. Tapi di hari ini, aku ingin mengucapkan selamat hari kasih sayang cintaku. Semoga hari kasih sayang kita berlanjut hingga akhir hayat. Happy Valentine Day”

“Meski tak sempurna, sejuta kasih yang aku punya ingin aku berikan hanya untukmu. Di hari penuh kasih sayang ini, aku ingin mengatakan aku cinta padamu. Bukan hanya sekarang, tapi kemarin dan selamanya. Selamat hari kasih sayang”

Ada 4 hari yang istimewa tentangmu. Hari dimana engkau lahir, karena Tuhan mengutusmu untuk menemani hidupku. Hari ketika kita bertemu, karena di saat itulah aku mengenal mu. Hari ketika kuungkapkan cinta, karena di hari itulah kita saling menyatu. Hari pernikahan kita, saat dimana kita bersatu selamanya. Dan yang terakhir adalah hari ini, hari Valentine dimana sejuta kekasih merayakan cinta. Meski dengan cara sederhana aku ingin berkata : I Love You Forever… Happy Valentine Day…”

“Jika cintamu dapat dibeli, akan aku beli dengan segenap hartaku. Namun cintamu tak kau jual, kau berikan dengan tulus kepadaku. Makasih sayang… Happy Valentine Day…”

“Mawar ini adalah lambang keharuman cintaku. Coklat adalah lambang ketulusan. Dan Hari Valentine adalah lambang keabadian cintaku untukmu. Selamat Hari Kasih Sayang…”

“Setiap saat bersamamu adalah Hari Valentine bagiku… Selamat Hari Valentine Sayang…”

“Ulang tahun adalah saat aku bergembira atas kelahiranmu. Hari ini, di Hari Valentine adalah saat dimana cintaku kian besar, kian abadi dan selamanya… Happy Valentine Day Cintaku…”

“There will be 12 months a year… 30 times a month… 7 times a week… 24 hours a day… 60 minutes an hour… however just one such as you inside a lifetime…”

“Aku menulis namamu di langit, tapi awan menghapusnya. Aku menulis namamu di pantai, tapi ombak menghapusnya. Jadi aku menulis namamu di hatiku, biar nggak akan ada yang bisa menghapusnya….”

“Kamu tahu coklat itu manis, kamu tahu bunga itu indah, tapi kamu tahu bahwa cintaku lebih manis dan indah… Met Valentine Sayang…”

“Cintaku ini adalah cinta yang sederhana. Kasih sayangku ini adalah kasih sayang yang murni. Karena kesederhanaan dan kemurnian cinta inilah yang mampu menuntunku untuk terus selalu bersamamu… Happy Valentine’s Day Sayang…”

“Coklat dan bunga adalah hadiah cintaku untuk dirimu. Namun kedua benda itu bukan menunjukkan betapa cintaku padamu. Karena cintaku tidak akan leleh seperti coklat dan tidak akan layu seperti bunga. Cintaku ini adalah cinta yang sempurna untukmu… Selamat Hari Valentine Sayangku…”

“Rasa sayang ini memang setiap hari terpancarkan untukmu. Namun di hari spesial ini, kuingin mengucapkan kata-kata yang spesial. Namun apadaya, ku tak bisa membuat kata-kata spesial. Namun kuingin mengucapkan… Selamat Hari Kasih Sayang… I Love You…”

“Kata cinta terdengar norak bagi mereka yang tidak merasakannya. Tapi aku tidak merasa norak untuk menyampaikannya padamu”

“Orang bilang lautan itu indah… tapi aku bilang tidak. Orang bilang danau itu cantik… tapi menurut aku tidak. Aku bilang kehidupanku itu indah dan cantik… karena ada kamu di hidupku”

“Kata siapa Tuhan tidak adil. Kata siapa Tuhan tidak ada. Mereka itu semua bohong dan tak tahu kekuasaan Tuhan. Bukti bahwa Tuhan itu adil dan ada adalah keindahan dan kesempurnaan ciptaannya seperti dirimu sayang…”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s