Renungan Akhir Tahun Panbelog (1)

Tidak terasa beberapa hari ini kita akan memasuki tahun baru… Tahun 2015. Selamat tinggal tahun 2014 dan selamat datang 2015.

Pada tahun 2014 ini telah banyak hal yang terjadi, bahkan sangat… sangat… berkesan dan akan saya kenang selama sisa hidup saya. Banyak hal sedih dan gembira terjadi… banyak tujuan dan harapan yang terkabul maupun yang “belum” terkabul, namun semua hal tersebut sangat saya syukuri.

Bersyukur adalah cara terbaik agar merasa cukup, bahkan di saat kekurangan. Jangan berharap lebih sebelum kita berusaha lebih…

Ya… bersyukur dengan apa yang telah kita capai di tahun 2014 ini… dan berusaha meraih impian yang lebih baik di tahun 2015.

Beberapa kejadian yang terjadi di tahun 2014… baik suka dan duka… antara lain :

Diklatpim IV (6 Mei – 25 Oktober 2014)

Banyak hal menarik yang terjadi selama pelaksanaan Diklatpim IV Kabupaten Badung yang saya ikuti. Terutama dengan banyak “teman baru” yang kami dapatkan selama pelaksanaan Diklatpim IV ini. Banyak pula petuah, wejangan, pelajaran dan ilmu yang kami peroleh selama kegiatan tersebut, yang tentunya mempengaruhi kami terutama saat menjalankan tugas sebagai pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung.

Yang sangat berkesan tentunya adalah waktu pelaksanaan outbound yang dilaksanakan di Kebun Raya Bedugul. Banyak hal konyol dan menegangkan yang terjadi. Di sinilah kebersamaan dan rasa kekeluargaan kami semakin dibentuk, sekaligus membentuk rasa saling menghargai dan menghormati antara peserta maupun pembina.

Salah satu tahapan dalam pelaksanaan Diklatpim IV ini adalah merancang Proyek Perubahan Instansional di lingkungan kerja masing-masing peserta. Rancangan Proyek Perubahan yang saya susun pada pelaksanaan Diklatpim IV ini adalah “PENINGKATAN KOORDINASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN PRASARANA TRANSPORTASI, PENGAIRAN DAN UTULITAS UMUM PADA SUB BIDANG SARANA DAN PRASARANA WILAYAH BAPPEDA LITBANG KABUPATEN BADUNG“. Rancangan Proyek Perubahan ini disusun berdasarkan tupoksi masing-masing peserta Diklat.

Hasil Rancangan Proyek Perubahan ini kemudian diaplikasikan/dipraktekkan di instansi masing-masing, yang tentunya untuk Rancanan Proyek Perubahan saya, dilaksanakan pada Sub Bidang Sarana dan Prasarana Wilayah Bappeda Litbang Kabupaten Badung. Tentunya banyak tantangan yang saya hadapi selama pelaksanaan “Breakthrough II” ini, mulai dari padatnya jadwal kegiatan kantor yang berbenturan dengan kegiatan Breakthrough II ini, penugasan ke luar daerah yang menyita waktu dan tentunya pekerjaan di rumah (upacara adat) yang juga sangat membutuhkan waktu. Namun semua dapat dilewati dengan baik walaupun masih banyak kekurangan yang terjadi.

Dan saat inilah yang ditunggu-tunggu…. Seminar Laporan Breakthrough II… yang kami kira awalnya akan sangat menegangkan… ternyata dilaksanakan dengan suasana santai tapi serius dan tentunya hasilnya tidak mengecewakan… semua peserta Diklatpim IV Kabupaten Badung dinyatakan lulus.

bersambung….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s