Ethika Yadnya – 6

E. Ethika Yadnya Dalam Lontar Lebur Gangsa/Sangsa

Dalam lontar Lebur Gangsa lebih ditekankan kembali perlu adanya ketelitian dan kesungguhan hati dalam melaksanakan yadnya. Diuraikan sebagai berikut :

“Mangkana prawretinya, ika marma kayatnakna sapratekaning angwangun yadnya-yadnya. Sapratekaning bebanten, haywa saulah-ulah laku, ulah magawe mon kewala karepa, tan pratyakseng hati. Lawan sama durung weruh ri pratatanya samangkana, weruhnya kewala nulad-nulad olihnya tan paka pagegwan ing sastra parindikan. Wetu sakama-kama arepa, ika tan pakasidha gawe temahannya. Kawastu kawalik geng dosa mwang dandha senandang de sang makarya. Apa sapagawenya padha tan jati, tan abener. Ika marmaning sinapa dening prawatek dewata. Mangkana warahing aji”.

123013_0626_DewaYajna21.jpg

Jika memperhatikan teks di atas, maka dalam melaksanakan yadnya, jangan hanya sekedar berlangsung, sesuai dengan kehendak hati tanpa kesungguhan. Sama halnya dengan tidak mengetahui tata aturan, tahunya hanya meniru, tidak berdasarkan sastra. Jika hanya mengikuti kehendak hati, sebagai tanda tidak berhasilnya yadnya. Dikutuk akan berdosa besar dan hukuman yang diterima, apa yang dikerjakan tak berguna, tidak benar, itulah sebabnya mendapatkan kutukan dari para dewata. Demikian sebutan dalam sastra.


F. Tiga Jenis Perbuatan Baik Menurut Lontar Agastya Parwa

Ada tiga jenis perbuatan yang baik, yang dapat mengantarkan seseorang menuju sorga, seperti yang disebutkan di bawah ini, sebagai berikut :

“Kalinganya tiga ikang kayamuhara swarga, tapa, yadnya, kirti. Tapa, ngaran pangaweruh kaya indriyanigraha, kapisakitaning sarira mwang yajna, ngaran agni hotradi, kapujan sanghyang siwa geni pinakadinya. Wineh matemahan kosala, wihara, parhyangan, pathani, pancuran, talaga, ityemawadi, yatika kirti ngaranya. Ikang tigang siki, yeka maphala swarga. Lewih tekang tapa sakeng yajna, lewih tekang yajna sakeng kirti. Ikang tigang siki prawretti kadharman ngaran ika. Kunang ikang yoga yeka nirwretti kadharman ngaranya”.

Artinya :

Ada tiga perbuatan untk mencapai sorga, yaitu : tapa, yadnya dan kirti. Tapa artinya orang yang dapat mengendalikan indriya, pengekangan hawa nafsu. Yadnya artinya ageni hotra dan sejenisnya, pemujaan kepada Sanghyang Siwa Agni. Membangun rumah yang sehat (bale pengobatan), wihara, parhyangan, bendungan, talaga dan sejenisnya, itu disebut dengan kirti. Ke tiga hal itu alat untuk mencapai sorga. Tapa lebih utama dari yadnya, yadnya lebih utama dari kirti. Ke tiga macam itu disebut Prawretti Kadharman. Adapun yoga, disebut Nirwretti Kadharman namanya.

Pada dasarnya ada beberapa hal yang perlu diingat dalam pelaksanaan suatu yadnya, agar yadnya itu berhasil, sempurna dan dapat mencapai kebahagiaan sekala dan niskala. Seperti halnya :

  1. Adanya suatu persiapan mental dan pisik, yakni ketetapan hati, rasa tulus ikhlas dan sehat jasmani.
  2. Memenuhi aturan-aturan dan pantangan-pantangan yang berhubungan dengan kesusilaan.

    Seperti : dilarang mengeluarkan kata-kata kasar, mengumpat, memaki, bertengkar, lebih-lebih sampai meneteskan darah. Menyusui bayi di tempat pembuatan upakara yadnya, juga tidak dibenarkan menguraikan rambut (magambahan). Dapat mengendalikan kemarahan, seperti : jangan memukul anjing tatkala beryadnya ( Adi Parwa)..

  3. Menciptakan suasana mendukung kenyamanan dan keheningan, yakni : dengan memasang sunari, pindekan; irama gambelan (sesuai dengan jenis yadnya), adanya gegitan (kekawin, kidung dan sejenisnya).
  4. Dalam bentuk kelengkapan upacara dan upakara, seperti : adanya pembatas antara karang suci dengan yang tidak suci (klangsah di atas tembok), adanya tirtha panglukatan pada pintu masuk dan sebagainya.

Demikianlah dapat disampaikan tentang Ethika Yadnya, yang merupakan suatu landasan dasar, dari pelaksanaan yadnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s