Ethika Yadnya – 3

B. Ethika Yadnya Dalam Lontar Yadnya Prakerti

Dalam lontar Yadnya Prakerti, yang khusus membahas tentang prakerti atau prilaku orang beryadnya, disebutkan sebagai berikut :

“Ling Bhatara : Uduh sira sang umara yadnya, sang parama kerti, sang akinkin akerti yasa, nguniweh ta kita sang anggaduh gaman-gaman, rengo lingku mangke, dak sun warah I kita parikramaning bhakti, astiti ring gama tirtha, haja sira tan mamituhu ri linging sastra, tan tinuta ring ujar sang brahmana pandita, apan sira wenang tinut, wenang pituhu denta, apan sira maweh titah sira wenang. Kumwa lingku nguni, bhakti astiti pwa kita ring bhatara, haja tan pasodhana, tan pajamuga, tan pasloka sruti mwang smreti, ikang widhi widhana juga yogya pasamodhanaknanta. Widhi widhana ngaran ikang sarwa babanten, aja sira abanten tan diniksan de sang brahmana pandita, haja tan sinirati tirtha saka ri sang brahmana pandita, apan sira brahmana pandita kewalya putusing sarwa yadnya sarwa puja”.

082314_1602_KramaBali1.jpg

Yang ditekankan dari kutipan di atas :

Bagi yang melaksanakan yasa kirti maupun yadnya jangan sekali-kali tidak mempercayai sastra agama, maupun petunjuk sang brahmana pandita. Jangan tanpa pemberitahuan, jangan mendadak, tak tersangka-sangka dan jangan tidak menggunakan sloka/sruti (weda mantra). Jangan sampai upakara itu tidak diperciki tirtha sang brahmana pandita (sebagai penglukatannya), oleh karena beliaulah yang berhak memutuskan suatu yadnya.

Selanjutnya juga ditekankan tentang sikap dan prilaku orang yang akan melaksanakan yadnya, sebagai berikut :

“Kunang arep pwa sira amangunaken swaraja karya ayadnya-yadnya, puja kreti, salwir ikang pinuja krama, haywa tan pangambek suci dinuluri idhepta rahayu, sabda menak, ika juga maka dasaring swayadnya, haja angangen prabeya, den lila warana ikang manah, haywa pepeka, haywa tan suksara ring sang brahmana pandita, kumwa kadi lingku nguni, den prayatna pwa sira, apan akweh mahabhaya pamancanannya,agung pakwehnira, ri pangaduning bhuta kala arepira amighnani, angulati tadahannya, ika ta kayatnakna. Apan sira yan sampun apageh polahira, kukuh ring kasusilan ring kapatutan makadi ring kadharman, tinuta ring warah sastragama, mawastu trak ikang sarwa bhutakala sasab marana, tan wani ya lumincak, mara maring manusa pada, padha sinimpen kinurung de bhatara Dharma, tan wineh sira kumarasah anusup-nusup, pati bhaksa bhaksani. Ika marmaning suksekel ikang bhutakala, padha kiris apan tan molih sakama-kama angarugada amet tadah anginum, apan huwus kreti kang desa-desa pakraman, tan hanang wyadhi wyawahara, bhaya pakewuh, doh ikang agering sasab marana, dadi landuh ikang bhumi, landuh tuwuhning sarwa janma. Mangkana lingkwa mami Bhatari, warahanengku munggwing haji, ngaran Widhi Sastra Tapeni Yadnya”.

Kutipan ini menekankan kepada unsur sikap mental dan prilaku yang sepatutnya dapat ditampilkan sebagai landasan dalam segala pelaksanaan bentuk yadnya, antara lain : harus berpikiran yang suci, disertai dengan pikiran yang baik, perkataan yang baik. Meminta bantuan kepada sang brahmana pandita yang memiliki kewenangan dalam pelaksanaan yadnya. Patut kukuh dan mantap melaksanakan kesusilaan dan pengendalian diri, untuk selalu menegakkan kebenaran. Hanya dengan demikian yang dapat menghindarkan diri dari gangguan bhutakala dalam wujud kemarahan, pertengkaran dan sejenisnya.

Dalam lontar ini juga diuraikan tentang upakara yang sepatutnya dilaksanakan saat mulai melaksanakan yadnya, yaitu pada waktu nyamuh hendaknya yang bertugas selaku tukang banten, menghaturkan banten pras santun, canang lenga wangi burat wangi, soda ajuman, katipat kelanan, canang raka, rayunan muncuk kuskusan, iwak sarwa suci, sesari artha sakottaman. Upakara tersebut dihaturkan kepada Bhatari Uma, selaku “dewanya tukang banten” dan juga dibantu oleh Dewi Pradnya, Dewi Kedep dan Dewi Wastu, beliau ini sebagai guru dalam hal nanding banten. Pembantunya bernama Ki Bhuta Kencak, Ki Bhuta Swadnya dan Ki Bhuta Pancad. Mereka itulah yang bertugas membantu sebagai pekerja yang tangguh, patut diberi labaan berupa : sega tepung pangkonan, iwak sakawenang, karangan mwang bakaran.

Penekanan bagi tukang banten dalam melaksanakan tugasnya, diingatkan kembali dalam lontar ini, yakni :

“Haywa sira sang tukang angawu-awu, angapus-apusi tetandingan, amunjuk lungsur, angurang-ngurangi, anglebih-lebihi, tan manuta ring warah mami Bhatari Tapeni umungguh ring Pu Lutuk, apan saksat anguwah-uwuhi raga sarira, hala dahat phala tinemunya ri kapatyani,lewih papa narakanta kadanda de Yama bala, dumadi sira wekasan dadi salah rupa, wetu mala katuna lewih ring sarira, mangkana temahannya”.

Demikianlah sangsinya bagi tukang banten yang tidak melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam sastranya. Sangatlah tercela bila ada tukang banten yang karena dorongan sifat loba dan rakusnya untuk mendapatkan penghasilan dalam tugasnya itu sengaja melebih-lebihi jenis upakara yang tidak sepatutnya dilakukan. Demikian pula sebaliknya tidak dibenarkan karena dengan sengaja mengurangi upakara yang semestinya dibuat. Pahalanya akan diterima pada kelahirannya mendatang, akan menjadi orang cacat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s