Obyek Wisata Alam Desa Sidan

Obyek Wisata Alam Sidan terletak di Desa Sidan Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar, tepatnya 4 Km, dari Kota Gianyar ke arah Kota Bangli dan 31 Km dari Kota Denpasar. Konon Desa Sidan (Kerajaan Sidan) berada di Dusun Pegesangan (kurang lebih 1 km di sebelah Selatan Desa Sidan sekarang) dan karena sesuatu hal maka kerajaan tersebut dipindahkan (kekisidan) ke Utara, yang sampai saat ini dikenal dengan nama Desa Sidan.

Secara alami Desa Sidan memang memiliki panorama yang sangat indah, karena berada di areal bebukitan yang lepas pandang. Disamping alamnya Desa Sidan juga memiliki beraneka ragam obyek wisata, baik yang berupa peninggalan purbakala maupun yang baru dibangun antara lain :


Pura Dalem Sidan

Pura Dalem Sidan didirikan sekitar abad ke-17 oleh tetua dari Puri Sidan yaitu I Dewa Gede Pindi (almarhum), yang selanjutnya pada tahun 1948 direnovasi kembali oleh putranya yang bernama I Dewa Kompyang Pindi (almarhum). Pura Dalem Sidan tidak jauh berbeda dengan pura lainnya, tetapi pura ini mempunyai keunikan tersendiri, karena disamping kemegahannya, juga dihiasi dengan beraneka ragam relief dan ukiran yang khas dan sarat dengan filosofi Agama Hindu.


Pura Bukit Camplung

Lebih kurang 100 Meter ke arah Timur Laut dari Pura Dalem Sidan terdapat sebuah Pura yang bernama Pura Bukit Camplung, yang berdiri megah di atas tebing, dimana tebing-tebing tersebut penuh dengan tulisan-tulisan kuno, yang sampai saat ini belum diketahui asal muasal tulisan tersebut. Di tebing sebelah Utara terdapat selokan mata air kecil yang sangat dikeramatkan karena dipercaya masyarakat sekitarnya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Konon di pura ini juga para Dewata menganugrahkan Gambelan Angklung Sidan yang sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara. Pura Bukit Camplung juga disebut Pura Masceti, karena masyarakat pengemongnya adalah 9 subak (Organisasi Klasik Petani Bali) di Desa Sidan.


Stage Barong Sidan

Di sebelah Barat Pura Dalem Sidan tepatnya di areal teras persawahan yang sangat indah, telah dibangun stage pertunjukan untuk menyajikan kesenian-kesenian yang berasal dari Kabupaten Gianyar. Saat ini wisatawan dapat menyaksikan Tari Barong di Stage Sidan (Pertunjukan Barong Taru Pramana).

Advertisements

One thought on “Obyek Wisata Alam Desa Sidan

  1. Wahh..matur suksma bli atas tulisannya yg informatif ttg Sidan.
    Ayah saya berasal dari Sidan, tapi saya lahir & Besar di Jakarta, dan Ibu saya orang Minang.

    Btw Blog nak Belog??hahaha Blok nak dueg sih lebih tepatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s