Ngaben Tikus di Mengwi

Mengulas berbagai kebiasaan unik mengenai budaya, adat dan tradisi seperti tidak ada habisnya. Bali yang tetap melestarikan dan menjaga tradisi secara turun temurun, yang bersumber pada pikiran mistis, bercampur dengan budaya Hindu sehingga melahirkan unsur-unsur budaya, seni, tatanan sosial dan ritual-ritual unik yang masih bisa kita jumpai sampai sekarang.

Seperti halnya upacara ngaben, upacara yang biasanya dilakukan pada saat manusia meninggal, dilakukan juga pada tikus, yang bisa dijumpai di Desa Cemagi, Mengwi, Kabupaten Badung dan di Desa Adat Bedha, Kabupaten Tabanan. Ngaben Tikus (ngaben bikul) dilakukan saat wabah tikus mulai menyerang lahan pertanian warga.

Pelaksanaan upacara Ngaben Tikus ini disebut juga “Marataka Mrana Tikus” dan merupakan salah satu dari upacara Nangluk Merana di Bali atau yang disebut juga ritual penolak bala.

Sebelum rangkaian upacara di mulai, tikus-tikus diburu oleh petani, dikumpulkan sampai ratusan bahkan ribuan, baru kemudian tata pelaksanaan upacara ini dimulai, sebagaimana layaknya upacara pada manusia. Sebagai penghormatan, tikus-tikus yang telah mati, diletakkan di atas wadah atau bade, diarak oleh warga menuju Pantai Seseh, kemudian dipindahkan ke bade lembu, baru kemudian di bakar, setelah prosesi ini selesai, abunya di hanyut ke laut dan dipimpin oleh seorang pendeta.

Tujuan dari upacara ini, selain untuk mengusir hama tikus yang menyerang lahan pertanian warga, juga bertujuan untuk mengembalikan roh tikus kembali ke alamnya, dan mendapatkan tingkat kehidupan yang lebih baik, sehingga pada kehidupan berikutnya tidak menjadi hama yang mengganggu kehidupan petani, sehingga nantinya tercipta kehidupan damai antara manusia dan hewan.

Biaya untuk ngaben tikus (ngaben bikul) ini tidak tanggung-tanggu menelan biaya sampai ratusan juta lebih, dengan hasil swadaya warga dan bantuan pemerintah daerah. Bali apalagi wilayah Badung yang menjadi pusat tujuan wisata, hal-hal yang unik ini seperti ini memperkaya budaya dan tradisi yang telah ada.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s