Tumpek Wayang

Tumpek

Tumpek adalah salah satu dari sekian banyaknya rarahinan atau hari raya Hindu yang berdasarkan pawukon (wuku), yang dirayakan setiap enam bulan sekali (210 hari), yaitu pada setiap hari Saniscara Keliwon, dengan wukunya masing-masing yang berganti-ganti setiap bulan atau 35 hari. Berdasarkan pergantian dari wuku-wukunya itu maka dalam kurun waktu selama enam bulan, akan terdapat enam rarahinan Tumpek.

011414_1251_SapuhLegerT1.jpg

Keenam rarahinan Tumpek itu, yaitu : Tumpek Landep, Tumpek Wariga, Tumpek Kuningan, Tumpek Krulut, Tumpek Uye dan Tumpek Wayang.

Diantara keenam Rarahinan Tumpek itu dalam pelaksanaan perayaannya dalam kaitannya dengan kehidupan manusia (paweton) adalah Tumpek Wayang.


Tumpek Wayang

Tumpek Wayang dalam Lontar Sundarigama, dinyatakan sebagai berikut :

” ……….Saniscara Keliwon Wayang, ngaran pujawalin Bhatara Iswara, pangastawanya ring sarwa tatabuhan, Gong, Gambang, Gender, Genta, Gendongan, salwiring unyan-unyan mwang Ringgit, makadi Pratimanira, widhi-widhananya : suci, peras, ajuman, prangkat iwaknya itik putih, sedah woh, canang raka, pasucian kayeng lagi, pakerti ring manusa tuwi tattwanya, wayangnya Sang Hyang Suksma, pangastitining raga sarira juga, sesayut tumpeng agung asiki, prayascita, panyeneng, apan iking sarira juga wayaning ringgitira, Sang Hyang Suksma, Sang Hyang Iswara pinaka dalang, pakerti pinaka panguntap, nda tan harep sira awawalen, asamangkana ajepane, aja ikang wang tan astiti, papa temahanya”

Maksudnya :

“……. Saniscara Keliwon Wayang (Tumpek Wayang) adalah hari suci untuk memuja Bhatara Iswara, yang pemujaannya ditujukan untuk memohon segala jenis tetabuhan, seperti : Gong, Gender, Gambang, Genta, Gendongan (Kulkul) dan semua jenis kesenian bunyi-bunyian, ukir-ukiran seperti : Wayang, Pratima, sebagai stana beliau, dengan upakara bebanten, seperti berikut : peras, ajuman, perangkat, memakai daging itik putih, buah-buahan dan daun-daunan, canang maraka, pasucian, seperti yang telah dilakukan. Upacara untuk manusianya, sebenarnya merupakan untuk penggambaran dari Hyang Widhi Wasa, juga manfaat untuk penyucian diri sendiri, upakara atau bebantennya, terdiri dari : sesayut tumpeng agung satu tanding, prayascita, panyeneng, sebab badan/tubuh juga merupakan bayangan atau gambaran jiwatma dengan Dewa Iswara sebagai dalangnya. Pelaksanaan upacaranya, merupakan permohonan yang lebih mendekat, agar terhindar dari bencana, demikianlah tujuannya dan apabila ada orang yang tidak melaksanakan hal tersebut, papalah yang akan diprolehnya’.

Bila dihayati secara cermat, makna dari pelaksanaan upacara Tumpek Wayang ini mempunyai suatu hakekat lahir batin. Secara lahir, kepada setiap pelaksanaanya diingatkan untuk selalu mendekatkan dirinya melalui suatu pelaksanaan upacara, sebagai sarana pemusatan pikirannya kepada Hyang Widhi, selaku sumber pemberi keselamatan. Dalam pelaksanaannya di masyarakat sering dikaitkan dengan penyucian diri, yakni Malukat.

Secara batin, melalui upacara yang dilakukan, dipergunakan sebagai suatu kesempatan untuk memohon melalui doa-doa, sesuai dengan getaran batinnya, karena pada hari suci Tumpek inilah Beliau turun menganugrahkan tuntunan-tuntunan dan petunjuk-petunjuknya, kepada mereka yang memujanya. Datanglah untuk mendekatkan diri pada setiap hari-hari suci dan Beliau juga akan datang mendekat. Semuanya itu akan bisa tercapai bila didasari dengan kerja dan yadnya.

Pelaksanaan Tumpek Wayang dalam kaitannya kehidupan manusia, yang telah mendasar dalam keyakinan umat Hindu di Bali, yakni yang berhubungan dengan hari lahir atau weton. Untuk itu dapat dipergunakan sebagai suatu gambaran atau pedoman, yakni Lontar Capakala, Siwagama dan Kalatattwa. Ketiga lontar ini mempunyai isi yang hampir sama, yakni mengenai Panglukatan yang dikenal dengan sebutan Panglukatan Sapuh Leger.

Dalan lontar tersebut di atas, ada disebutkan tentang kelahiran Sanghyang Kala dari manik spatika
Sanghyang Siwa Uma :

” ………….metu Sang Hyang Kala, mabang tutuknya, kumedali netranya, gambrang-gambrangan rambutnya, tultul rambat awaknya, makas pangadegannya, swaranya angelur anglawung, kadi gelap tan pasangkan, jenger-jenger ambeknya, asing andeleng telas dewata malayu, irika Sang Adi Kala, umedek ring Bhatara Guru. Ling Sang Adi Guru : Uduh anakku Sang Adi Kala, kadyangpunapa nanak Sang Adi Kala, punapa papanganen nanak, mangke bapa nugraha i nanak, nanak umungguh ring catuspatha agung, umarep purwa, marep kidul, marep mangulon, marep manglor, hana tekaning wang lumakwa ring hawan, mabener Sang Hyang Sapati, yan hana anambut karya, mwang lelepa aturu, semeng rawuhing sandhikala, atembe esuk, anut sapati, tingkahing abener esuk, tan hinganya lumaku, yatika wenang nanak Sang Adi Kala anadah denya, mangkana lingira Sang Adi Guru.

Demikianlah yang disebutkan dalam pustaka, yang selalu diyakini oleh umat Hindu di Bali, kiranya atas dasar inilah orang melaksanakan upacara tawur/caru, maseselat, malukat, matetebus di Catuspatha atau di Pempatan Agung.

Lebih lanjut ada disebutkan orang yang lahir pada wuku Wayang, dianggap amada-mada (menyaingi) Sang Hyang Adi Kala, hal itu disebut dalam pustaka Sapuh Leger. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka orang yang lahir pada wuku wayang, ada upacara panebusan, karena dianggap salah weton (salah lahir) pada wuku ringgit. Dalam Kala Purana Sapuh Leger, diuraikan upacaranya sebagai berikut :

  1. Ngadegang Sanggar Tutuan 1, bebantennya : munggah suci asoroh, genep salanlaning suci, ring sornya : pabangkit asoroh, genep salanlaning bebangkit, masesalah artha 4.500 / 8.500 keteng; carunya ring sor sanggah Tutuan, sata manca warna, ingolah manut urip, walulangnya layang-layang, seganya manut urip manca warna.
  2. Panebasan sang aweton, luiripun : (macacar ring arepan kelire).
    1. Ngadegang lapan mabucu 3, munggah banten : suci asoroh den agenep, maulam bebek mabetutu, sasalah artha 1700 keteng.
    2. Sesayut sungsang sumbel, iki ngaranya : tumpeng abungkul maulam ayam 2 ngapit tumpenge, tingkahnya ngapit, tendas ayame munggah 1 tedun asiki, kacang komak, mawadah tamas.
    3. Tadah Kala, ngaranya : Nasi polpolan mabucu 3, mataled don tunjung, sirah nasine mabucu 3 masirat getih bawi maurab barak lan putih, raka-raka, sami bvantenne punika dados awadah, tangkeb antuk kain poleng sukla.
    4. Sesayut Sapuh Leger : tumpeng abungkul matusuk carang bahingin, maulam ayam pinanggang, majaja tabagan, biyu galahan/ijasan.
    5. Sesayut Lara Mararadan : Nasi kuning mawadah takir, maulam balung, taluh madadar, sami dados adulang.
    6. Daksina panebusan bhaya : daksina sarwa 8 (beras 8 catu, taluh 8 bungkul, kelapa 8 bungkul, jinah 8000 keteng, sedah ageleng, jambe arance, nasi 5 warna, inum-inuman arak berem, srebab, matanceban busung 5 katih), bantenne punika mawadah sok.
    7. Ring sor lapan bucu tigane : banten putih 5 bungkul, iwaknya sata putih, inolah panggang winangun urip

      (Bebantenne nomer 2. a, b, c, d, e, f, g, punika sami, sahuwusan katatab olih sang atawuran paweton, bantenne pacang kaluarang ring catuspatha, tan kawenang kawaliang kajeroning karang sang atawuran, tan wenang sang katawuran amangan banten ika)

  3. Bebanten sane mangge ring wayange :
    1. Sanggah cucukan 2, ngapit kelir, magantung-gantungan, malamak, bantennya munggah banten tetumpukan, canang sari.
    2. Banten wayange ring tengah rangki : suci asoroh, genep saruntutan suci, iwaknya bebek mabetutu, pulagembal, sekar taman, pajegan, canang pangkonan, daksina sarwa papat, masesari 500 keteng, pras panyeneng, rayunan putih kuning, tipat kelanan, segehan agung, pabresihan mwah canang sari.
    3. Gadebong wayange mangda ngatut pusuh.
  4. Eteh-eteh makarya tirtha panglukatan Sapuh Leger.
    1. Payuk anyar/sangkhu sudhamala (kalilit baong payuke antuk benang Bali madaging jinah 11 keteng, matatakan beras malekeh antuk benang atukel, madaging jinah bolong 225 keteng.
    2. Sekar 11 warna, duwi-duwian 11, beras kuning, samsam antuk don temen, padma busung, sekar tunjung akatih, sami punika dados adulang.
    3. Bebantenannya : daksina gede, suci asoroh genep, daksina alit 1, peras, lis, jerimpen, pangambeyan, canang gantal, canang sari /buratwangi, panyeneng, segehan gede, paketisan, patabuhan, isuh-isuh, dupa

      (Punika sami kanggen ri huwusan ngaringgit)

  5. Eteh-eteh sang aweton :
    1. Yan lanang ri tatkala natab : mawastra sudhamala, matatakan pari asehet; adedamping prabot akarya lanang.
    2. Yan istri : mawastra sudhamala, matatakan pari asehet, madedamping prabot akarya anak istri.
  6. Eteh-eteh ring dalang kalih i juru gender :
    1. Dalang, magelang jinah bolong 225 keteng, magantung antuk benang Bali.
    2. Bedog, gadebong, blencong, kagantungin suang-suang 225 keteng, ngapit kelir kiwa tengen, suang-suang 225 keteng.
    3. I Juru gender maka patpat sami magelang jinah bolong 225 keteng kang sinunggal’
    4. Dalang, i juru gender kalih i pangancang sami (7 diri), sami polih destar lan kampuh petak.

      (Dumadak sangkaning katawuran yadnya, sidha mangguh waras, dirgayusa, tan keneng sahananing gering mwang tan kena sapa de nira Sang Hyang Adi Kala).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s