Tari Gandrung

Selain beberapa daerah di Indonesia mengenal Tari Gandrung, wilayah Kecamatan Bebandem tepatnya di Banjar Linggasana, Desa Bhuana Giri juga mengenal Tari Gandrung yang nyaris punah. Tari Gandrung versi Bebandem merupakan salah satu kesenian tradisional yang pernah berkembang pada zaman penjajahan sekitar tahun 1940-an.

joged

Tari Gandrung merupakan tari pergaulan yang mirip tari joged bungbung pada saat ini, hanya saja penarinya seorang laki-laki
yang dirias layaknya seorang perempuan. Pada zaman penjajahan dahulu masyarakat sangat sulit mendapatkan hiburan, apalagi yang melibatkan kaum perempuan, sehingga pada saat itu di Banjar Linggasana, tepatnya di lingkungan Cemara Tebel munculah inisiatif para pemuda untuk mendirikan kesenian Gandrung. Kesenian Gandrung ini terdiri dari penari-penari pria yang dirias seperti penari joged bungbung dan diiringi dengan seperangkat gamelan yang sederhana.

Gandrung ini biasanya melakukan aktivitas/kegiatan menari pada saat ada acara tertentu yang menghadirkan banyak orang, dan setiap penari nepek/nyawat beberapa orang pengibing dan setiap pengibing biasanya akan memberi upah kepada penari gandrung berupa uang kepeng atau uang perak yang berlaku saat itu. Upah yang diberikan itu disebut dengan istilah “saweran“.

Seiring dengan perkembangan zaman, maka kesenian gandrung ini semakin memudar dan hampir punah. Kesenian Gandrung ini dibangkitkan kembali dari tidur panjangnya karena ada dorongan atau permintaan dari beberapa masyarakat terutama yang memiliki sesangi (kaul) untuk menarikan Gandrung di suatu Pura tertentu. Itulah yang mendasari bangkitnya kembali kesenian Gandrung di Banjar Linggasana, Desa Bhuana Giri dan secara kebetulan pula pelaku kesenian Gandrung terdahulu masih ada hidup walaupun usianya sudah uzur, dan beliaulah yang membina penari dan penabuh gandrung yang baru dibangkitkan kembali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s