Keunikan Wanita Bali

Berbicara tentang keunikan Pulau Bali memang tidak ada habisnya, pulau yang juga mendapat julukan Pulau Seribu Pura ini juga memiliki keunikan pada masyarakatnya. Mungkin kalau anda pernah ke Bali, anda hanya tahu obyek wisata dan adat istiadatnya, tetapi ternyata masyarakatnya juga punya keunikan terutama yang wanita seperti informasi berikut ini :

  1. Rambut Panjang

    Kalau sekarang khususnya wanita di perkotaan pastinya sudah jarang yang memiliki rambut panjang, tapi berbeda dengan wanita Bali, baik yang dipedesan atau perkotaan rata-rata memiliki rambut yang panjang, bahkan pada jaman dulu wanita Bali relatif punya rambut yang panjangnya sampai ke pantat. Mungkin anda bertanya tanya kenapa wanita Bali membiarkan rambutnya sampai ke pantat? Itu karena wanita bali akan dilihat cantik jika memiliki rambut panjang.

     

  2. Menari Bali

    Tarian Bali memang betul-betul sulit untuk dipelajari oleh orang yang bukan berasal dari Bali, tetapi wanita Bali dari umur 7 tahun sudah pintar menari Bali, karena memang dari kecil mereka sudah diajarkan menari, disamping itu lingkungan juga mempengaruhi mereka. Seperti yang kita ketahui kalau Bali juga merupakan pulau seni, maka tak heran dari kecil mereka sudah bisa menari.

     

  3. Dapat Menaruh Beban Berat di Kepalanya

    Wanita Bali juga dikenal memiliki kekuatan yang melebihi wanita pada umumnya, karena mereka bisa menaruh sesajen yang beratnya hampir 30 kg setinggi 1 meter dan ada yang lebih tinggi juga, padahal hal tersebut sulit dilakukan oleh wanita lain. Apalagi harus membawa sesajen itu keliling desa.

     

  4. Cantik Alami

    Selain kuat wanita Bali juga cantik-cantik, bedanya sama wanita cantik yang bukan dari Bali adalah cara perawatan kulitnya. Kalau wanita lain memakai kosmetik, tapi wanita Bali lebih suka menggunakan tanah yang mirip sebagai lumpur untuk maskernya, dari perawatan tersebut wanita bali bisa terlihat cantik. Perawatan seperti ini juga pernah dilakukan cleopatra, Ratu Mesir untuk merawat kulitnya agar terlihat cantik.

     

  5. Memakai Bunga Kamboja

    Kalau selain di Bali, orang yang memakai bunga kamboja dikira hantu, karena bunga tersebut kebanyakan ditanam di kuburan. Berbeda dengan di Bali, sebagai aksesoris kecantikannya mereka menaruh bunga kamboja di telinganya. Karena di Bali sendiri bunga kamboja melambangkan hal yang baik, dan sering digunakan untuk pelengkap sarana upacara.

Pertanyaannya sekarang, apakah semua itu masih ada sekarang ? Seiring dengan perkembangan jaman di era globalisasi ini, semua itu perlahan-lahan mulai berubah, baik dari segi pakaian, perilaku dan kebiasaan para wanita Bali. Seperti model rambut, yang dulu yang panjanglah yang cantik, namun sekarang wanita Bali sudah mengikuti mode yang ada.

Menari Bali ? Apakah semua wanita Bali sekarang bisa menari Bali ? Tentu tidak, sudah banyak berubah. Sejalan dengan berkembangnya tarian modern, banyak wanita Bali sudah meninggalkan jati dirinya, dengan melupakan tari Bali, bahkan untuk ngayah memendet di Pura saja sudah malu. Dan masih banyak lagi perubahan yang terjadi.

Prihatin….! Tentu itu yang ada di pikiran saya. Apa yang mesti kita perbuat ? Marilah kita kembali ke jati diri kita, jati diri orang Bali, yang masih sangat menjunjung tinggi budaya, adat dan istiadat Bali, terutama nilai ajaran Agama Hindu. Marikah kita berdoa, semoga budaya kita yang adi luhung ini tidak hilang ditelan jaman.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s