Meremehkan Orang – Perbuatan Sia-Sia

Banyak orang yang dihina termotivasi untuk bangkit dan menjadi berhasil dan banyak orang yang hancur karena lupa diri atas apa yang dimiliki yang sebenarnya tidak seberapa. Namun, mengapa ada saja orang yang suka meremehkan orang lain?

Meremehkan orang lain adalah perbuatan yang tidak menguntungkan, menguras tenaga, dan merugikan. Mengapa? Tidak menguntungkan karena Anda tidak akan mendapatkan apapun dengan meremehkan orang lain. Menguras tenaga karena Anda pasti akan membuang-buang tenaga dan energi Anda dengan sia-sia untuk meremehkan orang lain. Merugikan karena Anda bisa dimusuhi, dijauhi, dan dibenci banyak orang. Alih-alih ingin menjadi orang yang terhebat malah orang itu akan tenggelam oleh kehebatannya sendiri.

Tidak ada orang di dunia ini yang suka diremehkan. Mereka akan menjauhi orang yang suka meremehkan mereka. Bila orang yang diremehkan itu adalah orang bijak, pastilah dia akan termotivasi dan menjadi berhasil. Dunia ini penuh keajaiban, bisa saja (mungkin karena nasib) mereka yang diremehkan menjadi lebih hebat dari orang yang meremehkannya.

Menghina itu tidak baik, lalu mengapa ada saja orang yang suka menghina? Itu karena mereka terlalu melihat ke bawah atau melihat/membandingkan orang yang lebih tidak mampu darinya. Hal itu membuat dirinya menjadi sombong dan berlanjut menjadi suka menghina orang lain.

Bedakan juga meremehkan/menghina dengan mengkritik. Jika meremehkan itu ada kegiatan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Lain lagi dengan mengkritik, mengkritik tidak ada kegiatan yang tidak terpuji itu.

Jauh lebih hina orang yang menghina dari pada yang dihina. Orang tertindas akan dinaikkan derajatnya sedangkan sikap suka menghina adalah sumber penghancuran diri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s