Katak Ingin Menjadi Sapi

Di suatu persawahan, hiduplah seekor katak dan seekor sapi. Si katak yang berbadan kecil selalu merasa iri hati kepada sapi yang memiliki tubuh besar dan kekar. Ia terobsesi untuk menjadi sebesar sapi, bagaimanapun caranya.

Hingga suatu hari, si katak berpikir cukup lama. “Bagaimana ya caranya agar aku dapat menjadi sebesar sapi?” Cukup lama ia berpikir dan merenung. Tiba-tiba ia mendapatkan sebuah ide. “Jika aku meniup badanku seperti balon, pasti aku bisa menjadi sebesar sapi!” pikirnya.

Mulailah ia meniup dirinya sendiri, sebuah tiupan yang amat kuat ia lakukan, mengembangkan tubuhnya menjadi semakin besar.

“Apa aku sudah sebesar si sapi?” tanyanya dalam hati. Lalu pergilah ia mencari si sapi untuk membandingkan ukuran tubuhnya sekarang.

Ia membandingkan tubuhnya yang sekarang dengan tubuh si sapi, ternyata masih belum sama besar! Ia kembali meniup tubuhnya kuat-kuat, membuat ukurannya menjadi dua kali lebih besar dari sebelumnya. Namun ukurannya tidak pernah bisa seperti tubuh sapi dan hal tersebut membuatnya jengkel. Ia terus meniup tubuhnya, mengembangkannya semakin besar, besar dan besar.

“Hei katak, hentikan perbuatanmu! Itu berbahaya! Tubuhmu tidak akan kuat menampung seluruh udara itu!” teriak si sapi.

Tapi si katak tidak mempedulikannya, ia terus meniup tubuhnya, terus, terus dan terus, hingga “Dorrrrrr!!!!!” tubuh sang katak meletus karena tak mampu menampung udara yang ditiupkannya sendiri.

Si katak meletus karena ia mencoba menjadi sapi. Usahanya untuk menjadi sapi telah mumbunuh dirinya sendiri.

Sama seperti halnya pada kehidupan kita, ketika kita selalu berusaha menjadi orang lain, itu sama saja dengan kita mengikat tali pancung untuk kita sendiri. Jadilah diri sendiri, banggalah atas keberadaan kita, tunjukkan kepada dunia siapa kita sebenarnya dan apa yang bisa kita lakukan untuk mereka!


Sumber : dikutip dari berbagai sumber

Advertisements

2 thoughts on “Katak Ingin Menjadi Sapi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s