Topeng Sidhakarya – Nilai Upakara

sidhakarya7

BAGIAN 6

Jika memperhatikan Tapel sebagai unsur utama seni tari topeng berpartisipasi pada upacara-upacara keagamaan, sebagai bagian yang tak terpisahkan (Wali), sebagai pelengkap upacara (Bebali) dan sebagai hiburan (Balih-balihan).

Untuk menambah daya tarik agar mempunyai kekuatan sekala-niskala maka dipergunakanlah sesajen/upakara, seperti halnya sebelum dan sesudah tari-tarian itu dilaksanakan atau banten Pasupati untuk pragina-pragina atau tari-tarian yang khusus. Disamping berbentuk sesajen, juga berbentuk mantra-mantra, saa-saa tertentu, digunakan pula oleh pragina-pragina untuk menarik kekuatan gaib, misalnya sebelum seorang penari keluar, maka biasanya mereka mengucapkan mantra, sebagai berikut :

“OM idhepku Sanghyang Murtining Lewih, masarira ring aku, aku Sanghyang Smara Murti, sarwa jagat asih ring unyan-unyanku. OM siddhi mandi mantranku”.

Dalam pustaka Rare Angon :

“Nghulun angidepakna Sanghyang Tunggal, rumasuk ri sarirangku, tri nadi sami bhaktya, dewa mantara masiha, bhuta wigraha masiha, manusa sidhya masiha, apan nghulun Sanghyang Tunggal, amatuhana tri nadi, asing teka padha ingkup “.

Biasanya dilanjutkan dengan “marajah kalangan” (tempat pentas), mulai dari timur ke selatan (murwa daksina), seperti : Ha Na OM (4X)

Setiap pementasan khususnya Topeng Sidhakarya, ada beberapa upakara yang diberikan kepada pragina topeng, yakni :

  1. Caruning maigel-igelan : “lwiring caru, sega petang punjung, iwaknya olahan bawi, malig sega mawadah selanggi, iwaknya sarin taluh mwang sesawur, malih baywan mawadah ngiu, saha pras, panyeneng, sajeng mwang toya, genep sopakaraning segehan. Malih sesantun, beras aceheng, majinah 777 mwah ayam apotong. Tunasang tirtha ring pajenengan mwah tirthan Padanda, iki pamuktyannya, Ma. OM Sang Kala Edan, iki bhukti sajinira, yan sira huwus amukti, rwangan hulun manglila-lila angigel. OM siddhi mandi mantranku “.
  2. Pras Daksina Alit, lengkap dengan tetabuhan, sebagai upakara Pangentab Topeng, dengan maksud agar taksu yang berada pada topeng, diperkenankan hadir, untuk dapat memberikan kekuatan (kharisma) bagi pelakunya.
  3. Daksina Alit, dengan canang base, untuk pragina berpakaian (mahias), agar dewaning lulut, berada pada dirinya. Maka canang base itu atau lekesan, yang akan dimamah (dikunyah) oleh penari (pragina). Jika penari tiada biasa mengunyah lekesan, dapat digigit/dipotong 3 kali, dengan saa/puja sebagai berikut : ” OM suruh mara, jambe mara, tumiba pwa maring lidah, Sanghyang Bhumi Ratih ngaranira, tumiba pwa sira ring hati, Kunci Pepet ta ngaranira, katemu-temu dlaha, samangkana lawan lambe, metu pwa sira ring wewadonan, Sanghyang Sumarasa ngaranira, wastu kedhep siddhi mandi mantrangku ”
  4. Daksina Gede, tipat kelanan, mabe taluh maguling lan tipat dampulan, tebasan sidhakarya, peras, suci, prangkatan, japit, karangan. Dengan tujuan ngadegang Sanghyang Wisnu Murti dan sang Kala Edan, agar memberikan Taksu kepada penari.
  5. Sekarura, beras kuning, uang kepeng sesuai dengan kemampuan sang adruwekarya. Sekarura, yakni sekar yang ditaburkan, sebagai lambang kebahagian. Beras kuning, uang kepeng, adalah lambang kesejahteraan.
  6. Jun Pere, makalung uang kepeng. Uang kepeng itu diikatkan dengan benang tetebus yang dililitkan pada jun pere, dilengkapi dengan seet mingmang dengan daun lalang muda, serta 3 muncuk tangkai dapdap. Semuanya ini adalah sarana untuk mohon tirtha panglukatan. Dengan mantra/puja/saa, yang dikuasai oleh pragina topeng Sidhakarya. Salah satu Puja Panglukatan yang terdapat pada Lontar Capa Kala, adalah sebagai berikut : “OM lukatira bhuta kala dengen, sumurup ring bhuta kalika, lukatira bhuta kalika, sumurupira ring bhatari durga, lukatira Bhatari Durga, sumurup maring Bhatari Uma, lukatira Bhatari Uma, sumurupira ring Bhatara Guru, lukatira Bhatara Guru, sumurup maring Sanghyang Tunggal, lukatira Sanghyang Tunggal, sumurup maring tan paharan, sira juga tan pasangkanya, sira juga parannya, sidha kalukat, mala papa pataka kabeh, OM Ang ksama sampurnaya namah” (Panglukatan iki uttama dahat, pangargha gung artha 180.000).
  7. Segehan, manista madhya uttama. Lalu memasukkan tapel ke tempatnya : OM Kaki Paduka Bhatara, Nini Paduka Bhatari, mulih ta sira haneng Dangka Hyanganira soang-soang, OM ya namah swaha.

PUPUT

Advertisements

One thought on “Topeng Sidhakarya – Nilai Upakara

  1. Pingback: Topeng Sidhakarya – Nilai Ethika | ...blog nak belog...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s