Ogoh – Ogoh 2014 …. Koleksi Foto

Pulau Bali, di masing-masing Kabupaten/Kota pada tanggal 31 Maret 2014 yang lalu semarak dengan kehadiran atraksi pawai ratusan ogoh-ogoh yang diarak keliling kota dan wilayah Banjar sekaligus menandai dimulainya Tapa Brata Penyepian.

ogoh38

Sejak Minggu (30/3/2014) sore sekitar pukul 18.00 Wita, patung raksasa dengan beragam bentuk dan ukuran telah dijejer di beberapa ruas jalan di Kota Denpasar, Badung, Gianyar dan daerah lainnya

Ribuan warga keluar rumah untuk menyaksikan ogoh-ogoh yang diarak kaum muda Banjar, lengkap dengan iringan tetabuhan Baleganjur, gambelan khas tradisional Bali.

Tidak hanya pria, remaja putri berseragam dengan dandanan kostum cukup atraktif semakin menambah serunya pawai ogoh-ogoh.

Sesekali letusan kembang api dan lom-loman, terdengar sehingga memberi hiburan tersendiri bagi warga maupun wisatawan yang tengah menikmati malam menjelang Nyepi yang cukup cerah itu.

Petugas kepolisian bersama satuan pengaman desa adat terus mengamankan jalannya pawai di malam pangrupukan itu.

Demikian pula beberapa jalan Kota Denpasar ditutup bagi kendaraan seperti di Jalan Patimura, Veteran, Gajah Mada dan lainnya. Dari pantauan di Jalan Cokrominoto hingga ke Jalan Raya Sempidi, warga tampak berjelan di kanan kiri jalan menyaksikan pawai.

Anak-anak, tua muda membaur untuk menyaksikan pawai yang sesekali mementaskan atraksi pemuda ketika mengusung ogoh-ogoh yang melayang-layang, berputar-putar diiringi musik tradisional dan kolaborasi modern.

Hingga pukul 22.00 Wita, pawai masih berlangsung dan nantinya masing-masing kelompok pemuda usai berkeliling mereka kembali membawa ogoh-ogohnya ke Banjar atau sekitar tempat tinggal mereka, sebelum nantinya dibakar beramai-ramai.

Pada tulisan saya kali ini, saya akan menyajikan beberapa foto ogoh-ogoh yang memang kali ini bukan hasil jepretan sendiri, karena tidak sempat untuk mengabadikan sendiri momen pengarakan ogoh-ogoh. Foto-foto ini hasil copy dari website dan account facebook yang menampilkan koleksi ogoh-ogoh di seputaran Badung dan Denpasar. Berikut ini beberapa koleksi foto ogoh-ogoh yang sempat terabadikan.


Koleksi yang lebih lengkap dapat dilihat di SINI (KOLEKSI FOTO OGOH-OGOH 2014)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s