Padma Mandala, Sad Kahyangan dan Dang Kahyangan

Padma Mandala dan Sad Kahyangan

Padma Mandala disebut juga Padmaksetra, adalah suatu konsepsi agama Hindu yang amat penting. Konsepsi ini berlandaskan ajaran Yoga, yang kemudian diwujudkan dalam penempatan dan penataan tempat-tempat suci. Dalam konsepsi ini gunung yang tertinggi dinyatakan menempati posisi dik-widik (catur lawa, asta dala). Oleh karena itu konsepsi Padma Mandala berkaitan dengan konsepsi Panca Giri, Wijaksara dan lain-lain.

Dalam konteks Bali khususnya dan Indonesia umumnya, Gunung Agung (Tohlangkir) menempati posisi tengah Padma Mandala (sari bunga padma), Lempuyang (Timur), Andakasa (Selatan), Batukaru (Barat), Batur (Utara). Di tempat-tempat itu didirikan pura-pura utama yang menempati posisi dik (catur dala) dan yang mempunyai posisi widik adalah Pura Goalawah (Tenggara), Pura Uluwatu (Barat Daya), Pura Pucak Mangu (Barat Laut), Pura Besakih juga menempati posisi timur laut (keseluruhannya adalah asta dala). Disamping itu Pura Besakih, dikelilingi juga oleh Pura-Pura Catur Dala, yaitu : Pura Gelap (Timur), Kiduling Kreteg (Selatan), Ulun Kulkul (Barat), Batu Madeg (Utara).

Pura-Pura yang sangat disucikan itu juga disebut dengan Sad Kahyangan, artinya kahyangan atau tempat suci yang utama (sat). Oleh karena itu Pura-Pura tersebut merupakan suatu kesatuan yang tak terpisahkan, bagaikan bunga Padma yang suci dengan lawanya, yang berlapis-lapis, yang secara simbolis merupakan sthana Sanghyang Widhi Wasa. Berbagai aktivitas keagamaan yang bertujuan untuk menjaga kesucian pura-pura tersebut serta kawasannya patut dilaksanakan, sebagai perwujudan dari ajaran Satyam-Siwam-Sundaram.


Pura Dang Kahyangan

Pura Dang Kahyangan adalah merupakan bagian dari Pura Kahyangan Jagat di Bali yang merupakan tempat suci, untuk memuja Ida Sanghyang Widhi Wasa atau manifestasi-Nya. Oleh karena itu Pura Dang Kahyangan adalah pura yang tergolong Kahyangan Jagat, maka Pura Dang Kahyangan adalah pura-pura yang berstatus Pura Umum dan merupakan penyungsungan Jagat. Pada dasarnya Pura-Pura Dang Kahyangan adalah Pura-Pura yang ada hubungannya/kaitannya dengan Dharmayatra (perjalan suci) Dang Hyang Dwijendra.

Advertisements

2 thoughts on “Padma Mandala, Sad Kahyangan dan Dang Kahyangan

  1. Pingback: Pura Luhur Uluwatu | ...blog nak belog...

  2. Pingback: Pura Kahyangan Jagat | ...blog nak belog...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s