Sanitasi – Analisis Sistem Drainase

Identifikasi Sistem Drainase Eksisting

Melihat dari berbagai hasil studi dan dari analisis yang dilakukan berdasarkan system pengaliran air dan alur yang ada serta mengacu pada Ranperda RTRW Kabupaten Badung 2011-2031 yang disusun oleh Bappeda Litbang Kabupaten Badung, maka sistem drainase Kabupaten Badung dapat diinventarisasi menjadi 9 sistem utama. Adapun sistem pembuang utama sistem drainase di Kabupaten Badung adalah :


Sistem Tukad Ayung

Sistem Tukad Ayung merupakan sistem drainase regional yang melintasi 3 kabupaten yaitu Kabupaten Bangli, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Badung serta bermuara di Padanggalak, Desa Kesiman Kertalangu, Kota Denpasar.

Di Kabupaten Badung sistem ini berawal dari sungai-sungai kecil di Br. Bon, Desa Belok Sidan, Pelaga, Petang, kemudian menyusuri batas Kabupaten Badung hingga mencapai Desa Getasan, Desa Carangsari, Bongkasa, Mambal serta Kelurahan Sading.

Sistem pembuangan utama Tukad Ayung terdiri dari beberapa sub sistem yaitu :

  1. Sub sistem Tukad Bangkung

    Daerah pelayanan pembuangan drainase (cathment area) mulai dari wilayah Desa Plaga hingga Petang. Sub sistem ini terbagi dalam dua cathment area besar yaitu Tukad Bakung (dengan beberapa anak sungai diantaranya adalah ; Tukad Bon, Tukad Jempanang, Pangkung Penataran dan sungai-sungai kecil lainnya) serta Tukad Ngongkong (dengan anak sungai ; Pangkung Semanik, Pangkung Plaga, Tukad Kilap dan sungai-sungai kecil lainnya)

  2. Sub sistem Tukad Mengani

    Sub sistem ini merupakan satu cathment area dengan sungai-sungai kecil dan langsung bermuara ke Tukad Ayung. Daerah pelayanan pembuangan drainase mulai dari Br. Lawak, Br. Belok hingga Br. Selantang, Desa Belok Sidan

  3. Sub sistem Pangkung Sidan

    Sub sistem ini merupakan satu cathment area dengan sungai-sungai kecil dan langsung bermuara ke Tukad Ayung. Daerah pelayanan pembuangan drainase seputar Banjar Sidan

  4. Sub sistem Tukad Jempeng

    Sub sistem ini berawal dari Tukad Buangga di Desa Petang, kemudian menjadi Telabah Sangeh di Desa Getasan dan Carangsari dan berakhir sebagai Tukad Jempeng sebelum bermuara ke Tukad Ayung. Sungai lain yang bermuara pula ke Tukad Jempeng diantaranya adalah : Tukad Medid (dengan anak sungai ; Tukad Mumbul, Pangkung Tabah, Tukad Adeng dan Tukad Tegallinggah)

  5. Sub sistem Tukad Gerubugan

    Sub sistem ini merupakan satu cathment area dengan sungai-sungai kecil dan langsung bermuara ke Tukad Ayung. Daerah pelayanan pembuangan drainase seputar Desa Mambal

  6. Sub sistem Tukad Bangiang

    Sub sistem ini merupakan salah satu saluran irigasi dari intake Mambal di Desa Sibang Gede yang akhirnya berfungsi pula sebagai pembuang dan bermuara ke Tukad Ayung, Daerah

  7. Sungai-sungai lain di Perbatasan dengan Kota Denpasr

    Sub sistem ini terletak di perbatasan dengan Kota Denpasar, dimana bagian hulunya masih berupakan wilayah Kabupaten Badung seperti di Desa Angantaka, Desa Jagapati, dan Sibang Gede, dimana sungai tersebut akhirnya bermuara ke Tukad Ayung seperti ; Tukad Buluh, Tukad Titis, Tukad Anggabaya serta Tukad Kedua


Sistem Tukad Penet

Di Kabupaten Badung, Sistem Tukad Penet berawal dari Tukad Sanga di Desa Petang. Pada sistem ini alur utamanya adalah Tukad Penet dengan beberapa anak sungai sungai seperti Tukad Sungi, Tukad Ukian, Tukad Sayan, Tukad Sauh, Tukad Jejek, Tukad Dongkang dan Tukad Tangeb. Di sistem ini terdapat beberapa buah daerah irigasi yang nantinya pembuangannya ke sistem ini seperti Daerah lrigasi Tungkub, sebagian Daerah lrigasi Kapal, Daerah lrigasi Mambal, Daerah Irigasi Penarungan, Daerah lrigasi Ulun Uma, serta Daerah lrigasi Bulan. Sistem Tukad Penet lni bermuara di Pantai Nyanyi Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Sebelum mencapai alur di muara, alur Tukad Penet bersatu dengan alur Tukad Sungi di sebelah Barat jembatan Munggu-Tanah Lot di dekat Pantai Nyanyi.

Sistem Tukad Penet juga merupakan sistem yang paling utama yang ada di wilayah Kota Mangupura yang melayani sebagain besar wilayah yang ada di Mangupura terutama pada bagian Utara, Tengah dan Barat seperti wilayah Desa Mengwi, Desa Mengwitani, Desa Gulingan, Desa Kekeran, Kelurahan Abianbase serta Kelurahan Kapal.

Sistem Pembuangan utama Tukad Penet terdiri dari beberapa sub sistem yaitu :

  1. Sub sistem Tukad Ukian

    Daerah pelayanan pembuangan drainase wilayah Desa Mengwi (sebelah barat jalan utama), Desa Mengwitani.

  2. Sub sistem Tukad Sayan

    Daerah pelayanan pembuangan drainase wilayah Desa Mengwi.

  3. Sub sistem Tukad Jejek

    Daerah pelayanan pembuangan drainase wilayah Desa Kekeran

  4. Sub sistem Tukad Sauh

    Daerah pelayanan pembuangan drainase wilayah sebagian Desa Mengwitani.

  5. Sub sistem Tukad Dangkang

    Daerah pelayanan pembuangan drainase wilayah sebagian Desa Gulingan.

  6. Sub sistem Tukad penet Hulu

    Daerah pelayanan pembuangan drainase wilayah Desa Kapal, Desa Gulingan.

  7. Sub sistem Tukad Tangeb

    Daerah pelayanan pembuangan drainase wilayah Desa Kapal (bagian timur)


Sistem Pembuangan Utama Tukad Pangi

Sistem pembuangan ini terbentuk awalnya merupakan saluran pembuang utama untuk irigasi yang ada di atasnya. Daerah pelayanan pembuangan drainase wilayah sebagian Kelurahan Abianbase (sebelah barat). Sistem ini berawal dari pembuangan sisa air irigasi Kapal di Banjar Muncan, Kelurahan Kapal dan terakhirnya akan bermuara ke pantai Pererenan, Desa Pererenan, Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung.


Sistem Pembuangan Tukad Umaalas/Tukad Yeh Poh

Sama seperti sistem pembuang Tukad Pangi, sistem Tukad Umaalas awalnya merupakan sistem pembuang utama irigasi untuk membuang air dari buangan sisa irigasi yang ada di atasnya. Sistem ini berawal dari pembuangan sisa air irigasi di Banjar Desa Kapal dan pembuangan sistem ini akan bermuara ke Tukad Yeh Poh di Pantai Berawa. Sub sistem dari sistem drainase ini adalah Sub Sistem Tukad Tangeb dan Sub Sistem Tukad Tegan. Daeaeh pelayanan pembuangan drainase wilayah sebagian Kelurahan Abianbase dan Sempidi


Sistem Pembuangan Tukad Mati Hulu

Sistem ini pun awalnya merupakan pembuang utama untuk daerah irigasi yang ada di atasnya. Sistem ini memiliki sub sistem yaitu merupakan daerah pelayanan pembuangan drainase wilayah Kelurahan Sempidi. Sistem ini berawal dari daerah Sempidi dan sekitarnya dan muaranya ada di sebelah selatan yaitu di wilayah hutan bakau di sebelah selatan Kuta Timur Resort di Kuta.


Sistem Pembuangan Tukad Badung Hulu

Sistem ini pun awalnya merupakan pembuang utama untuk daerah irigasi yang ada di atasnya. Daerah pelayanan pembuangan drainase wilayah Kelurahan Sading. Sistem ini memiliki beberapa anak sungai seperti Tukad Langan dan Tukad Medih. Sistem ini berawal dari daerah Sading dan bermuara di bagian selatan di Estuary Dam Nusa Dua di sebelah Timur Bali Galeria di Dekat Patung Dewa Ruci.


Sistem Pembuangan Tukad Canggu

Sistem ini pun awalnya merupakan pembuang utama untuk daerah irigasi yang ada di atasnya. Daerah pelayanan pembuangan drainase wilayah Dalung, Tibubeneng dan Canggu. Sistem ini memiliki beberapa anak sungai seperti Tukad Perancak serta beberapa sungai kecil dan bermuara langsung ke Samudra Hindia.


Sistem Pembuangan Tukad Baosan

Sistem ini pun awalnya merupakan pembuang utama untuk daerah irigasi yang ada diatasnya. Daerah pelayanan pembuangan drainase wilayah Munggu, Tumbak Bayuh dan Parerenan. Sistem ini memiliki beberapa anak sungai seperti Tukad Surugan, Tukad Ngambang, Tukad Belan, Tukad Alasclangi, Pangkung Tebin serta beberapa sungai kecil dan bermuara langsung ke Samudra Hindia


Sistem Pembuangan Drainase Wilayah Nusa Dua

Secara alami wilayah Nusa Dua dan sekitarnya terdiri dari beberapa sungai/Tukad ataupun cerukan aliran (pangkung) dengan karakteristik sungai/Tukad Intermitten atau sungai yang hanya ada airnya saat terjadi hujan. Tukad tersebut akan berfungsi sebagai pembuang utama saat terjadi aliran atau debit besar. Dengan menganggap setiap pembuangan akhir yang menuju muara sebagai pembuang utama dan mengacu pada kajian yang pernah dilakukan sebelumnya maka di daerah studi terdapat 21 pembuang utama.

Sungai pembuang utama tersebut meliputi :

  1. Tukad Usu

    Sistem Tukad Usu terdiri dari subsistem Tukad Klampok dengan batas-batas sistem ini adalah sebelah Utara Pantai Tanjung Benoa, sebelah Selatan Jalan Goa Gong, sebelah Timur DAS Tukad kampus dan sebelah Barat Jalan Raya Uluwatu Pada saat ini di DAS Tukad ini telah di bangun embung dan checkdam konservasi. Luas DAS Tukad Usu 3,675 km2 dengan panjang sungai utama ± 4,7 km.

  2. Tukad Kampus

    Sistem Tukad Kampus hulunya berada di sekitar Fakultas Teknik Unud. Batas sistem tukad adalah sebelah utara Pantai Tanjung Benoa, sebelah selatan Kampus Unud, sebelah timur Perumahan Poh Gading Unud dan sebelah Barat DAS Tukad Usu. Luas DAS Tukad Kampus ± 0,85 km2 dengan panjang sungai utama ±1,875 km.

  3. Tukad Taxi

    Sistem Tukad Taxi hulunya berada di Perumahan Taman Jimbaran. Batas sistem Tukad Taxi adalah sebelah utara Pantai Tanjung Benoa, selatan DAS Tukad Usu, sebelah timur DAS Tukad Nangka dan sebelah barat DAS Tukad Usu dan Taxi. Luas DAS Tukad Taxi adalah ±0,60 km2 dengan panjang sungai utama ±1,675 km.

  4. Tukad Nangka

    Sistem Tukad Nangka hulunya berada di perbukitan Desa Ungasan dengan batas-batas DAS sebelah utara Pantai Tanjung Benoa, sebelah selatan Pungggungan Bukit Ungasan sebelah Timur DAS Tukad Belong Ngempol dan sebelah Barat DAS Tukad Usu dan Taxi. Luas DAS Tukad Nangka adalah ±3,34 km2 dengan panjang sungai utama ±5,15 km.

  5. Tukad Belong Ngempol

    Sistem Tukad Ngempol terdiri dari sub sistem Tukad Belong Memedi, Tukad Mundeh, Tukad Pemutih. Batas DAS ini sebelah utara Pantai Tanjung Benoa, sebelah selatan Desa Ungasan, sebelah timur Perumahan Taman Griya dan sebelah barat DAS Tukad Nangka. Luas DAS Tukad Belong Ngempol adalah ±7,875 km2 dengan panjang sungai utama ±6,975 km.

  6. Tukad Barat Planet Bali

    Sistem tukad ini pengalirannya melalui gorong-gorong di Jalan By Pass Ngurah Rai, Mumbul. Sistem ini merupakan sistem yang kecil dengan batas-batas DAS sebelah utara Pantai Tanjung Benoa, sebelah selatan dan barat DAS Tukad Belong Ngempol dan sebelah timur DAS Tukad Mumbul. Luas DAS Tukad Barat Planet Bali adalah ±0,35 km2 dengan panjang sungai utama ±0,62 km.

  7. Tukad Mumbul I

    Sistem ini merupakan pembuang, yang langsung menuju muara di rawa-rawa sebelah utaranya. Batas sistem ini sebelah utara Pantai Tanjung Benoa, sebelah selatan DAS Tukad Belong Ngempol, sebelah barat DAS Planet Bali dan sebelah timur DAS Mumbul II. Luas DAS Tukad Mumbul I adalah ±0,41 km2 dengan panjang sungai utama ±0,75 km.

  8. Tukad Mumbul II

    Sistem ini merupakan pembuang yang langsung menuju muara rawa-rawa di sebelah utaranya batas sistem ini sebelah utara Pantai Tanjung Benoa, sebelah selatan Perbukitan Desa Ungasan, sebelah barat DAS Mumbul I dan sebelah timur DAS Tukad Sungit. Luas DAS Tukad Mumbul II adalah ±0,32 km2 dengan panjang sungai utama ± 0,60 km.

  9. Tukad Sungit

    Sistem ini merupakan pembuang yang langsung menuju muara di rawa-rawa sebelah utaranya. Batas sistem ini sebelah utara Pantai Tanjung Benoa, sebelah selatan DAS Bualu I, sebelah barat DAS Mumbul II dan sebelah timur DAS Tukad Penyejekan. Luas DAS Tukad Sungit adalah ±0,38 km2 dengan panjang sungai utama ±0,45 km.

  10. Tukad Penyejekan

    Sistem ini merupakan pembuang yang langsung menuju muara di rawa-rawa sebelah utaranya. Batas sistem ini sebetah utara Pantai Tanjung Benoa, sebelah selatan DAS Bualu I, sebelah barat Tukad Sungit dan sebelah timur DAS Tukad Bualu. Luas DAS Tukad Penyejekan adalah ±0,28 km2 dengan panjang sungai utama ±0,35 km.

  11. Tukad Belakang Tragia

    Sistem ini merupakan pembuang yang langsung menuju muara di rawa-rawa sebelah utaranya. Batas sistem ini sebelah utara Pantai Tanjung Benoa, sebelah selatan dan timur DAS Tukad Bualu I dan sebelah barat DAS Tukad Penyejekan. Luas DAS Tukad Tragia adalah ±0,42 km2 dengan panjang sungai utama ±0,38 km.

  12. Tukad Bualu I

    Sistem ini hulunya berada di Desa Kampial tepatnya di sekitar Perumahan Nusa Permai Nusa Dua. Batas sistem ini sebelah utara Pantai Tanjung Benoa, sebelah selatan Desa Kampial dan timur DAS Tukad Bualu II dan sebelah barat DAS Tukad Belong Ngempol. Luas DAS Tukad Bualu I adalah ±1,94 km2 dengan panjang sungai utama ±1,45 km.

  13. Tukad Bualu II

    Sistem ini hulunya berada di Desa Peminge. Batas sistem ini sebelah utara Pantai Tanjung Benoa, sebelah selatan Desa Peminge, sebelah timur Desa Peminge dan sebelah Barat DAS Bualu I. Luas DAS Tukad Bualu II adalah ±3,06 km2 dengan panjang sungai utama ±0,70 km.

  14. Tukad Beririt

    Sistem ini hulunya berada di Desa Kampial dengan batas DAS sebelah utara DAS Bualu II, sebelah timur BTDC, sebelah selatan dan barat DAS Tukad Geger. Luas DAS Tukad Beririt adalah ±1,69 km2 dengan panjang sungai utama ±2,55 km.

  15. Tukad Geger

    Sistem ini hulunya berada di Desa Kampial dengan batas DAS sebelah utara DAS Tukad Beririt sebelah timur pantai, sebelah selatan pantai barat DAS Tukad Samuh. Luas DAS Tukad Geger adalah ±4,33 km2 dengan panjang sungai utama ±5,80 km.

  16. Tukad Samuh I

    Sistem ini merupakan sistem pembuangan dengan hulu yang sangat terjal di sekitar Desa Sawangan. Semua sistem terletak di Desa Sawangan dan dalam pengalirannya menuju jalan raya Nusa Dua Selatan. Luas DAS Tukad Samuh adalah 4,33 km2 dengan panjang sungai utama ± 5,80 km.

  17. Tukad Samuh II

    Sistem ini merupakan sistem pembuangan dengan hulu yang sangat terjal di sekitar Desa Sawangan. Batas sistem ini adalah sebelah utara dan barat DAS Tukad Geger, sebelah timur dan selatan Pantai Geger. Luas DAS Tukad Samuh II adalah ± 0,312 km2 dengan panjang sungai utama ±0,95 km.

  18. Tukad Sawangan I

    Sistem ini hulunya berada di Desa Sawangan. Batas sistem ini adalah sebelah Utara DAS Tukad Samuh II, sebelah Timur dan Selatan Pantai Geger, sebelah Barat DAS Tukad Gunung Payung. Luas DAS Tukad Sawangan I adalah ± 0,318 km dengan panjang sungai utama ±1 km.

  19. Tukad Sawangan II

    Sistem ini hulunya berada di Desa Sawangan. Batas sistem ini adalah sebelah utara DAS Tukad Sawangan I, sebelah selatan DAS Tukad Gunung Payung, sebelah barat dan timur Pantai Geger. Luas DAS Tukad Sawangan II adalah ± 0,425 8 km2 dengan panjang sungai utama ±0,9 km.

  20. Tukad Gunung Payung

    Sistem Tukad Gunung Payung merupakan sistem pembuangan dengan topografi yang sangat terjal yang semua hulunya berada di perbukitan Desa Sawangan bagian hilirnya mengalir ke tenggara menuju Pantai Geger. Tukad Gunung Payung mempunyai sub sistem Tukad Gunung Bajan. Luas DAS Tukad Gunung Payung adalah 3,393 km2 dengan panjang sungai utama ±2,1 km

  21. Sistem Drainase Tanjung

    Daerah Tanjung mempunyai kondisi topografi yang datar sehingga saat pembuangan air mengalami hambatan oleh pasang air laut. Terlebih lagi daerah ini merupakan daerah permukiman dan pariwisata yang cukup padat sehingga sangat sedikit daerah yang berfungsi sebagai peresap. Pengaliran air di wilayah ini di bawa ke arah barat di dekat Hotel Klub Bali.

Advertisements

One thought on “Sanitasi – Analisis Sistem Drainase

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s