Sanitasi – Penduduk Tanpa Akses Sanitasi Dasar

Keadaan dan Kecenderungan Proporsi Penduduk Tanpa Akses Terhadap Fasilitas Sanitasi Dasar

sanitasi

Pencapaian berikutnya dalam target 10 yang perlu dilaporkan adalah menurunkan proporsi penduduk tanpa akses terhadap fasilitas sanitasi dasar. Secara umum, prestasi yang diraih oleh berbagai kebijakan, program dan proyek agar mampu berdampak pada perbaikan kualitas sanitasi telah menunjukkan hasil memuaskan.

Prosentase Penduduk Miskin (%) dan Akses Air Minum Non-Perpipaan terlindung (%), Menurut Provinsi Tahun 2006

Proporsi Rumah Tangga Di Perdesaan Dan Perkotaan Dengan Akses Pada Fasilitas Sanitasi Yang Layak.

Terdapat perkembangan yang senantiasa meningkat dari 30,9 persen (tahun 1992), menjadi 69,3 persen (tahun 2006). Sementara itu target tentatifnya pada tahun 2015 adalah 65,5 persen. Dengan demikian, target menurunkan proporsi penduduk tanpa akses terhadap fasilitas sanitasi dasar sebesar separuhnya pada tahun 2015 telah terlampaui pencapaiannya pada tahun 2006.

Proporsi Rumah Tangga Di Perdesaan Dengan Akses Pada Fasilitas Sanitasi Yang Layak.

Hasil menunjukkan perkembangan yang sangat baik. Jika pada tahun 1992 proporsi ini hanya mencapai 19,1 persen dan meningkat pada tahun 2000 menjadi 52,3 persen, maka rumah tangga dengan akses sanitasi layak pada tahun 2006 telah mencapai.

Proporsi Rumah Tangga Di Perkotaan Dengan Akses Pada Fasilitas Sanitasi Yang Layak.

Hasil ini meningkat pada tahun 1992 sampai tahun 2004, yaitu 57,5 persen (tahun 1992) menjadi 80,5 persen (tahun 2004). Pada tahun 2006 proporsi rumah tangga di perkotaan dengan akses pada fasilitas sanitasi yang layak telah mencapai 81.8 persen. Hasil ini menunjukkan bahwa pencapaian target pemenuhan fasilitas sanitas dasar telah terpenuhi pada tahun 2006.

Kualitas pencapaian target MDGs, khususnya pencapaian sanitasi yang layak per provinsi, menarik untuk dicermati. Beberapa provinsi yang mempunyai persentase penduduk miskin rendah ternyata mempunyai pencapaian akses sanitasi layak yang masih rendah. Mereka adalah Provinsi Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Maluku Utara, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Bangka Belitung, dan Banten.

Akses Penduduk Pada Fasilitas Sanitasi Layak, Menurut Desa, Kota dan Total Desa dan Kota
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s