Pengembangan e-Government di Kabupaten Badung – MoU Pemkab Badung dengan BPPT

Merespon kebutuhan akan terwujudnya Tata Kelola Pemerintahan yang baik serta peningkatan kualitas layanan publik di Kabupaten Badung, Bupati Badung Anak Agung Gde Agung tidak pernah berhenti berinovasi.

Berangkat dari inspirasi keberhasilan para policy maker, pada organisasi publik di sejumlah negara maju, Bupati kini ingin segera melakukan reformasi organisasinya dalam menggunakan Information Communication Tehnology (ICT) sebagai sarana kerjanya. Sejalan dengan itu, Pemerintah Kabupaten Badung akan segera memperluas penerapan e-Government melalui kerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Menindaklanjuti hasil rapat Pembahasan Rencana Pengembangan e-Government Pemerintah Kabupaten Badung serta Persiapan Kerjasama Pengembangan e-Government antara Pemerintah Kabupaten Badung dengan Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang dihadiri oleh seluruh SKPD Pemerintah Kabupaten Badung, Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta dipimpin oleh Bapak Bupati Badung pada tanggal 8 April 2013 perlu ditindaklanjuti tentang Rencana penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) tentang Pengkajian, Penerapan dan Pemasyarakatan Teknologi untuk Mendukung Pembangunan di Kabupaten Badung antara Bupati Badung dengan Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energy dan Material, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Ruang lingkup yang akan dikerjasamakan antara lain :

  1. Penguatan Sistem Inovasi Daerah
  2. Pengkajian Kebijakan Teknologi yang meliputi inovasi, difusi, daya saing dan audit teknologi
  3. Pengkajian dan penerapan teknologi agroindustri dan bioteknologi
  4. Pengkajian dan penerapan teknologi industri rancang bangun dan rekayasa
  5. Pengkajian dan penerapan teknologi informasi, energi dan material

“Pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam proses pemerintahan akan meningkatakan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan,” ungkap Bupati Badung di sela-sela penandatanganan kerjasama (MoU) dengan BPPT pada hari Rabu tanggal 8 Mei 2013 lalu di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi PUSPITEK, Serpong – Tangerang.

Penandatanganan MoU itu dilakukan bersama Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Teknologi, Dr. Ir. Tatang A. Taufik, didampingi Deputi Kepala BPPT Bidang Informasi Teknologi Energi Material, Dr. Ir. Unggul Priyanto. Sementara untuk penandatangan perjanjian kerjasama Pembangunan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Kabupaten Badung antara Balai Jaringan Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dilakukan dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi.

Selain dihadiri Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Teknologi serta jajarannya, turut hadir pula sejumlah pejabat terkait di linkungan Pemerintah Kabupaten Badung, antara lain : Asistem Ekonomi dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Kadispenda, Kadishubkominfo, Kepala Kantor Arsip, Kabag Aset, Kabag Keuangan serta Kabag Humas dan Protokol.

Dalam sambutannya Bupati Badung mengatakan, Pemkab Badung memiliki komitmen dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik salah satunya dengan meningkatkan kualitas citra layanan publik melalui aplikasi e-Government. Sektor-sektor yang akan segera menerapkan e-Government diantaranya pelayanan kearsipan, aset, keuangan, sistem perencanaan pembangunan daerah termasuk pelayanan pembayaran pajak. Langkah ini ditempuh Bupati Gde Agung untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, sehingga pemungutan pajak dapat semakin optimal termasuk layanan keuangan, serta sistem pencatatan dan arsip akan menjadi terintegrasi dengan baik melalui sistem elektronik.

“Penerapan e-Government merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan perubahan di dalam sistem dan tata laksana pemerintahan yang menuntut teladan kepemimpinan, kesediaan merubah paradigma, berani bertindak transparan dan semua itu bukan sekedar untuk melayani kepentingan publik semata, tetapi mencakup kepentingan yang lebih luas yaitu sebagai bagian dari sistem pemerintahan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat,” tegas Bupati Badung.

Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Teknologi dalam sambutannya menegaskan bahwa ini merupakan ikrar bersama dalam menyiapkan piranti yang diharapkan dapat mendukung pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Badung. Kerjasama ini diharapkan dapat menjadi awal kerjasama pada bidang-bidang lainnya, sehingga dapat mengembangkan berbagai potensi daerah. Terkait bidang teknologi ini, dipandang strategis dalam mewujudkan sistem aplikasi teknologi dalam membangun sistem yang terintegrasi dalam pembangunan pada berbagai bidang dan lintas sektor.

Dan sebagai lembaga pemerintah yang bergerak di bidang teknologi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi menyambut baik komitmen Pemkab Badung melalui aplikasi TIK ini, yang diharapkan dapat menjadi entry point penting bagi Pemkab Badung sebagai destinasi pariwisata internasional. “Kerjasama ini merupakan perwujudan dari tanggung jawab BPPT sekaligus payung bersama untuk mengembangkan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi di Pemerintah Kabupaten Badung,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s