Latar Belakang dan Sasaran Sanitasi di Kabupaten Badung

Latar Belakang

Sanitasi merupakan salah satu pelayanan dasar yang perlu mendapatkan perhatian semua pihak mengingat sanitasi berkorelasi dengan kesehatan masyarakat dan lingkungan permukiman, disamping pengetahuan masyarakat yang relatif masih rendah akan pentingnya sanitasi mengakibatkan kesadaran untuk menerapkan sanitasi yang sehat juga menjadi rendah. Buruknya kondisi sanitasi berpengaruh terhadap menurunnya kualitas lingkungan hidup antara lain tercemarnya sumber air bersih yang digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari sehingga berdampak pada menurunnya tingkat kesehatan masyarakat.

Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) khususnya dalam bidang sanitasi secara spesifik dan terus menerus didorong peningkatannya oleh Pemerintah Kabupaten Badung melalui berbagai program-program kegiatan pembangunan terutama sarana prasarana sanitasi permukiman. Apalagi Kabupaten Badung sebagai destinasi pariwisata dunia dan estalase pariwisata nasional harus mempersiapkan infrastruktur sanitasi agar citra pariwisata Badung terangkat dan memiliki daya saing dengan destinasi pariwisata Daerah/Negara lainnya.

Saat ini isu-isu strategis yang sejalan dengan target percepatan MDG’s adalah bagaimana upaya pemerintah daerah memenuhi target 75% masyarakatnya memiliki akses terhadap sanitasi yang layak terutama akses terhadap air bersih, pengolahan limbah dan persampahan. Tren kedepan untuk industri pariwisata adalah green tourism yang didukung oleh green community. Sehingga merupakan kewajiban pemerintah daerah memprioritaskan program sanitasi agar terhindar dari wabah penyakit yang justru menurunkan citra Kabupaten Badung sebagai sebagai destinasi pariwisata dunia.

Masterplan Sanitasi Permukiman memuat Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) dalam rangka pencapaian program Percepatan Pembagunan Sanitasi Permukiman (PPSP) di Kabupaten Badung, maka disusunlah Masterplan Sanitasi Permukiman di Kabupaten Badung yang dapat memberikan gambaran tentang kebijakan serta implementasi pembangunan sanitasi Kabupaten Badung.

Sasaran Pembangunan Sanitasi

Sasaran pembangunan sanitasi adalah memenuhi target pembangunan nasional di bidang sanitasi pada tahun 2014 yaitu :

  1. Terbebas dari buang air besar sembarangan;
  2. Terbebas dari masalah drainase;
  3. Terbebas dari masalah air bersih;
  4. Pelaksanaan praktik 3 R (reduce,reuse,recycle) serta peningkatan tempat pembuangan akhir (TPA) menjadi sanitary landfill;
  5. Pengurangan genangan air di wilayah Kabupaten Badung;
  6. Membangun sinergi secara vertical dan horizontal dalam pembangunan sanitasi;
  7. Meningkatkan kapasitas dalam menyelengarakan pembangunan dan pengelolaan sanitasi;
  8. Memaksimalkan kontribusi seluruh stakeholder yang terkait dengan pembangunan dan pengelolaan sanitasi di Kabupaten Badung;
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s