Curahan Hati Akhir Tahun

Apa yang telah saya kerjakan tahun 2013 ? Apa hasil yang sudah saya dapatkan ? Apa yang belum saya raih ? Apa yang akan saya perbuat dan kerjakan pada tahun 2014 ? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang muncul sejak bangun pagi hari ini, di hari terakhir di tahun 2014.

Hal itu semua saya rasa tidak terlalu penting. Yang penting saya sudah berusaha sebaik-baiknya, baik yang saya lakukan kepada keluarga, daerah maupun negara ini.

Tahun baru? Apa yang terpikir di benak kita? Terompet? Kembang Api? Pesta? Makan-makan atau liburan bersama keluarga?

Bagi saya, tahun baru tak ubahnya seperti hari-hari lainnya. Tak perlu membuatnya begitu spesial. Justru seharusnya kita patut berintrospeksi diri. Apa yang sudah kita lakukan untuk diri kita dan orang di sekitar kita selama setahun silam.

Apakah kita bisa bertekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik di tahun berikutnya?

Maka tepat di malam tahun baru nanti, cobalah berhening diri. Tengoklah waktu yang sudah silam. Telusurilah keberhasilan dan kegagalan kita. Di dalam keheningan itu renungkanlah pertanyaan-pertanyaan di atas. Semoga dengan demikian, hari baru di tahun baru esoknya akan kita masuki dengan pemikiran baru juga. Serta perbuatan-perbuatan baru. Yang lebih baik. Yang lebih indah. Dan hidup kita pun dapat diperbaharui pula. Pada akhirnya, Selamat Tahun Baru 2014. Semoga Ida Sanghyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan segala karunia dan anugrahnya kepada kita semua. Astungkara!

Leave a Reply

